PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISKOVERI TERBIMBING DAN JURNAL BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN METAKOGNISI PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 LEMBAR

BUDIARTI, RIA (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISKOVERI TERBIMBING DAN JURNAL BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN METAKOGNISI PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 LEMBAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
tesis Ria Budiarti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Ria Budiarti. 2017. Pengaruh model pembelajaran diskoveri terbimbing dan jurnal belajar terhadap hasil belajar kognitif dan metakognisi peserta didik kelas X SMA Negeri 1 lembar. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan IPA, Program Pascasarjana Universitas Mataram di bawah bimbingan Prof. A. Wahab Jufri M. Sc. sebagai pembimbing I dan Dr. Dadi Setiadi M. Sc. Sebagai pembimbing 2. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu pengaruh model pembelajaran diskoveri terbimbing dan jurnal belajar secara sendiri dan bersama terhadap hasil belajar kognitif dan metakonisi peserta didik serta hubungan hasil belajar kognitif dan metakognisi peserta didik kelas X SMA. Penelitian ini di lakukan di SMAN 1 Lembar Kabupaten Lombok Barat pada bulan Mei sampai Juni 2017. Metode yang digunakan quasi ekperimen dengan Non-equivalent Pretest-Posttes Control Group Design melalui factorial 2x2. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling terdiri 97 peserta didik dari 4 kelas. Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar kognitif dan iventori kesadaran metakognisi (MAI). Data dianalisis dengan menggunakan ANACOVA dan Pearson Correlation dengan bantuan SPSS version 20 for windows. Hasil penelitian menunjukan (1) Model pembelajaran diskoveri terbimbing tidak berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif (p > 0.05), (2) Jurnal belajar berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif (p < 0.05), (3) Terdapat pengaruh interaksi model pembelajaran diskoveri terbimbing dan jurnal belajar terhadap hasil belajar kogitif (p < 0.05), (4) Tidak terdapat pengaruh model pembelajaran diskoveri terbimbing terhadap metakognisi (p > 0.05), (5) Terdapat pengaruh aktivitas menulis jurnal belajar terhadap metakognisi p < 0.05), (6) Tidak terdapat pengaruh interaksi model pembelajaran diskoveri terbimbing dan jurnal belajar terhadap metakognisi (p > 0.05), dan (7) Terdapat hubungan Hasil Belajar kognitif dan metakognisi (p < 0.05).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): diskoveri terbimbing, jurnal belajar, hasil belajar kognitif, metakognisi
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Syafruddin Dion
Date Deposited: 21 Apr 2018 05:00
Last Modified: 21 Apr 2018 05:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/2778

Actions (login required)

View Item View Item