ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN DI RUMAH MAKAN RARANG DI KECAMATAN TERARA KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Auliya, Puadi (2022) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN DI RUMAH MAKAN RARANG DI KECAMATAN TERARA KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI-AULIYA PUADI-250122.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Auliya Puadi. C1G017027. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian di Rumah Makan Rarang di Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur. Skripsi, Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian Universitas Mataram, Pembimbing Utama Ir. Addinul Yakin, GD.Ec., M.Ec., Pembimbing Pendamping Prof. Ir. Taslim Sjah, M.App.Sc., Ph.D. Menghadapi persaingan yang begitu tinggi antar rumah makan, Rumah Makan Rarang harus mampu memperhatikan beberapa faktor, seperti menjaga kualitas produk, harga yang terjangkau, pelayanan yang memuaskan dan lokasi yang strategis. Diharapkan dalam mengkaji konsumen dapat meningkatkan daya tarik konsumen yang berkunjung ke Rumah Makan Rarang diperlukan pengetahuan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam keputusan pembelian suatu produk di rumah makan rarang. Informasi faktorfaktor yang mempengaruhi ini belum diperoleh. Tujuan dari penelitian ini adalah : Untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pengambilan keputusan pembelian konsumen di Rumah Makan Rarang di Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Unit analisis pada penelitian ini adalah Konsumen pada Rumah Makan Rarang di Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur. Penentuan responden dilakukan secara Accidental Sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis Regresi Linier Berganda. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa : (1) Harga Ayam Rarang secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian; semakin tinggi harga semakin tinggi pembelian oleh konsumen, sehingga Ayam Rarang cenderung menjadi produk superior. (2) Kualitas pelayanan terhadap konsumen secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusanpembelian; semakin berkualitas pelayanan, maka akan meningkatkan pembelian Ayam Rarang. (3) Lokasi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian; semakin baik (strategis) lokasi rumah makan, maka meningkatkan pembelian di Rumah Makan Rarang. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini yaitu : (1) Diharapkan kepada pemilik masing-masing rumah makan rarang untuk meningkatkan sikap pelayanan yang ramah serta cepat tanggap agar konsumen semakin puas saat melakukan keputusan pembelian. (2) Diharapkan kepada pemilik masing-masing rumah makan rarang untuk mengoptimalkan harga yang sudah berjalan baik dan lebih memikirkan fasilitas yang diiringi dengan harga yang terjangkau, sehingga hal ini dapat meningkatkan keputusan pembelian kosnumen. (3) Diharapkan untuk penelitian selanjutnya dapat membahas variabel lain yang belum dianalisis dalam penelitian ini. Selain itu metode dan alat analisis menggunakan yang terbaru sehingga hasilnya menjadi lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Keputusan Pembelian, Pembelian Nasi, Rumah Makan Rarang.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 12 Feb 2022 12:13
Last Modified: 12 Feb 2022 12:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27783

Actions (login required)

View Item View Item