JAVANESE VERBAL VALENCY-CHANGING MECHANISMS, SPOKEN AT SUMUB KIDUL, PEKALONGAN REGENCY, CENTRAL JAVA

Muhammad, Gilar Yudha Pratama (2022) JAVANESE VERBAL VALENCY-CHANGING MECHANISMS, SPOKEN AT SUMUB KIDUL, PEKALONGAN REGENCY, CENTRAL JAVA. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Full Thesis I2J017016.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Studi ini membahas tentang mekanisme pengubahan valensi verba dalam konteks penambahan valensi dan pengurangan valensi pada konstruksi dasar subdialek Jawa Pekalongan - Sumub Kidul (PJSK) dalam lingkup studi deskriptif kualitatif dengan teori bantu utama Relational Grammar (RG). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah ngoko, register rendah pada tingkat tutur bahasa Jawa subdialek Sumub Kidul. Data berupa rangkaian klausa atau kalimat yang diperoleh dari 14 responden yang berkomunikasi menggunakan bahasa Jawa sub dialek Sumub Kidul Pekalongan. Dalam hal penambahan valensi verba, studi PJSK menemukan konstruksi aplikatif dengan penambahan valensi bentuk normal OBL ke 2, atau 3 ke 2 serta bentuk abnormal OBL ke 1, atau 3-1 seperti sufiks –i/ni menandakan relasi OBL LOC, REC dan DEST , sedangkan akhiran –ake menandakan penambahan valensi OBL BEN dan INS. Mungkin juga penambahan valensi ke DO tidak ditandai dengan akhiran tidak berpermarkag 'ø'. Demikian pula, dalam konstruksi kausatif PJSK seringkali hanya muncul pada bentuk morfologi kausatif dengan sufiks –i dan –ake yang ditandai dengan verba PJSK seperti mabur, ngobong, ngasin, entuk, adum dengan struktur hierarki RG 1 – 2 (tunggal), 1 – 2 (tunggal bukan Adj.), 1 – 3 (majemuk). Studi ini juga menggambarkan pengurangan valensi verba PJSK dengan masing-masing struktur dalam hierarki RG seperti 2 – 1 – X untuk antikausativisasi, 2 – 1 untuk pasifisasi (yang mencakup 4 kategori pasif adversatif seperti (a) OBL – 2; (b ) OBL – 1; (c) OBL – 2; dan (d) avalent), dan 2 – 3 mundur untuk antipasifisasi. Sebagai tambahan, tiga strategi aplikatif mis. pasifisasi, pronominalisasi, dan relativisasi digunakan pada Studi ini. Dimana, kausatifisasinya menggunakan pola strategi Comrie. Selain itu, strategi impersonalisasi digunakan untuk menganalisis antikausativisasi. Untuk pasifisasi dan antipasifisasi, penulis menggunakan Hanafi’s uji sintaksis semantik. Kemudian, masing-masing dibuktikan dalam hierarki RG untuk menyajikan data revaluasi masing-masing verbanya.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Bahasa Jawa Pekalongan, Teori Relational Grammar, Valensi Penambahan, Valensi Pengurangan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Feb 2022 00:22
Last Modified: 15 Feb 2022 00:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27788

Actions (login required)

View Item View Item