ANALISIS PENERAPAN PEDOMAN PERILAKU PENYIARAN DAN STANDAR PROGRAM SIARAN (P3SPS) PADA PROGRAM BERITA INEWS TV MATARAM PERIODE FEBRUARI 2021

ROMI, ARDI KUSUMA (2021) ANALISIS PENERAPAN PEDOMAN PERILAKU PENYIARAN DAN STANDAR PROGRAM SIARAN (P3SPS) PADA PROGRAM BERITA INEWS TV MATARAM PERIODE FEBRUARI 2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ROMI ARDI KUSUMA (L1B016075).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Banyaknya stasiun televisi di Indonesia sehingga dibuat Pedoman dan Standar Penyiaran untuk mengatur, mengawasi dan menjadi patokan jalannya Penyiaran di Indonesia. Lembaga yang dibentuk untuk mengawasi di pusat yakni Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat, sedangkan di daerah bernama Komisi Penyiaran Daerah (KPID). di Nusa Tenggara Barat bernama (Komisi Penyiaran Daerah) KPID NTB. Hasil pemantauan Tim Pemantau KPID NTB tahun 2019 dan tahun 2020 tercatat 7 stasiun televisi di NTB yang melakukan pelanggaran P3SPS (Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran), salah satunya iNews TV Mataram. Pada tanggal 23 Mei 2019 langsung mendapatkan surat teguran dari KPID NTB dan diminta memberikan klarifikasi pada tanggal 24 Mei 2019 di kantor KPID NTB. Pada tanggal 24 Mei pihak iNews TV Mataram sudah memberikan klarifikasi terkait 1 pelanggaran pada program beritanya, sehingga peneliti melakukan Analisis Penerapan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) Pada Program Berita iNews TV Mataram Periode Februari 2021, hal ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Penerapan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) Pada Program Berita iNews TV Mataram Periode Februari 2021. Penelitian ini menggunakan Metode penelitian analisis isi berita, teknik pengumpulan data yakni dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian pada pemberitaan iNews TV Mataram periode Februari 2021. Dari jumlah 120 Berita terdapat 117 Berita (97,5%) yang menerapkan P3SPS dan 3 Berita (2,5%) yang melanggar P3SPS. Sehingga dapat disimpulkan bahwa iNews TV Mataram merupakan televisi lokal yang sesuai dengan kriteria Televisi yang sehat dalam masyarakat. Karena iNews TV Mataram sudah menerapkan dan menjalankan sesuai Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS), dan apa yang ditampilkan merupakan sebuah edukasi yang baik untuk masyarakat kedepannya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : P3SPS, Program Berita, iNews TV Mataram
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Feb 2022 00:22
Last Modified: 15 Feb 2022 00:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27789

Actions (login required)

View Item View Item