DAMPAK KEGAGALAN INSEMINASI BUATAN TERHADAP SIKLUS ESTRUS INDUK SAPI DI UPTD PUSKESWAN KECAMATAN MANGGELEWA KABUPATEN DOMPU

Nurhayati, Nurhayati (2022) DAMPAK KEGAGALAN INSEMINASI BUATAN TERHADAP SIKLUS ESTRUS INDUK SAPI DI UPTD PUSKESWAN KECAMATAN MANGGELEWA KABUPATEN DOMPU. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NURHAYATI-FIX PRINT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (933kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari kegagalan inseminasi buatan (IB) terhadap siklus estrus induk sapi dan mengetahui aspekaspek yang menyebabkan kegagalan IB. Penelitian dilakukan selama satu bulan pada 14 Desember 2020 – 20 Januari 2021 di wilayah kerja UPTD Puskeswan di Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat. Metode penelitian ini adalah survey untuk menghimpun data-data penelitian menggunakan metode stratified random sampling. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah induk sapi milik masyarakat yang telah ikut program inseminasi buatan. Responden dalam penelitian ini adalah peternak sebanyak 200 orang. Penelitian ini meliputi variabel bebas yaitu Inseminasi Buatan dan variabel tergantung yaitu Siklus Estrus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada faktor penyebab kegagalan IB pada sapi yaitu ketidaktahuan peternak dalam mendeteksi estrus dan estrus ternak yang terlalu panjang. Dampak kegagalan IB terhadap siklus estrus sapi yaitu siklus estrus menjadi lama dan tidak beraturan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Abortus, Bunting, Distokia, Inseminasi Buatan, Induk Sapi, Siklus Estrus.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Feb 2022 00:22
Last Modified: 15 Feb 2022 00:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27791

Actions (login required)

View Item View Item