PROBLEMATIKA GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ONLINE (DARING) DI SDN GUGUS V CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

NYOMAN WINDRA PRAJANITI, NI (2021) PROBLEMATIKA GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ONLINE (DARING) DI SDN GUGUS V CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Ni Nyoman Windra Prajaniti_E1E017090.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran daring merupakan cara baru dalam proses belajar mengajar dengan memanfaatkan perangkat elektronik dan menggunakan akses internet dalam penyampaian materi pembelajaran. Pembelajaran daring dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus covid-19. Selama pembelajaran daring dilaksanakan banyak ditemukan masalah atau kesulitan yang dihadapi oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan yang dihadapi guru pada proses pembelajaran mulai dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, hingga evaluasi pembelajaran, dan tingkat kesulitan guru secara keselruhan dalam pelaksanaan pembelajaran daring di SDN Gugus V Cakranegara tahun pelajaran 2020/202. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan angket. Analisis data menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas kesulitan yang dihadapi guru pada tahap perencanaan pembelajaran daring tergolong dalam kategori sedang sebanyak 5 orang guru dengan presentase 50%. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran daring tingkat permasalahan yang dialami oleh guru tergolong dalam kategori sedang yaitu sebanyak 8 orang guru dengan persentase 80%. Sedangkan pada tahap evaluasi pembelajaran tingkat kesulitan guru tergolong dalam kategori sedang sebanyak 7 orang guru dengan persentase 70%. Sedangkan apabila dilihat secara keseluruhan tingkat kesulitan guru pada pelaksanaan pembelajaran daring berada pada kategori sedang sebanyak 6 orang guru dengan persentase 60% dari 10 orang guru sebagai sampel penelitian.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Problematika Guru, Pembelajaran online, Pelaksanaan Pembelajaran.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Feb 2022 00:22
Last Modified: 15 Feb 2022 00:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27796

Actions (login required)

View Item View Item