PENGARUH PEMBELAJARAN DARING DAN LURING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA UNIVERSITAS MATARAM TAHUN 2021

AZLINA, AZMI (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING DAN LURING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA UNIVERSITAS MATARAM TAHUN 2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI AZLINA AZMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan pengaruh pembelajaran daring dan luring terhadap kemandirian belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Mataram tahun 2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif ex-post facto. Populasi penelitian sebanyak 233 mahasiswa dengan jumlah sampel sebanyak 117 mahasiswa semester V, VII dan IX. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan systematic sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket kemandirian belajar dan angket persepsi mahasiswa tentang perkuliahan daring dan luring. Teknik analisis data peningkatan kemandirian belajar mahasiswa menggunakan statistik deskriptif, pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-t. Hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan nilai thitung = 6,337 > Nilai ttabel = 1.980 pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemandirian belajar mahasiswa pada pembelajaran daring lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran luring.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: pembelajaran daring dan luring, kemandirian belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Feb 2022 00:23
Last Modified: 15 Feb 2022 00:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27803

Actions (login required)

View Item View Item