ANALISIS YURIDIS PEMBERIAN IZIN POLIGAMI KARENA ISTRI TIDAK MEMENUHI KEBUTUHAN BATIN ( Studi Putusan Pengadilan Agama Mataram Nomor 308/Pdt.G/2020/PA.Mtr)

WAYAN GIRISAWITRI, NI (2021) ANALISIS YURIDIS PEMBERIAN IZIN POLIGAMI KARENA ISTRI TIDAK MEMENUHI KEBUTUHAN BATIN ( Studi Putusan Pengadilan Agama Mataram Nomor 308/Pdt.G/2020/PA.Mtr). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi NI WAYAN GIRISAWITRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana alasan dan syarat pemberian izin poligami menurut hukum, dan bagaimana analisis yuridis terhadap pemberian izin poligami karena istri tidak memenuhi kebutuhan batin dalam putusan nomor 308/Pdt.G/2020/PA.Mtr. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan sebagai refrerensi untuk penelitian serupa. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah penelitian hukum normatif dengan teknik pengumpulan data studi kepustakaan. Beberapa hasil temuan penulis yang berkaitan dengan alasan dan syarat pemberian izin poligami yakni menurut Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang perkawinan dan Kompilasi Hukum Islam. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pertimbangan hukum oleh Hakim dalam memberikan putusannya berdasarkan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang perkawinan Pasal 4 ayat (2) huruf (a) yaitu istri tidak dapat menjalankan kewajibannya sebagai istri. Karena di katakana bahwa istri kurang mampu lagi melayani kebutuhan batin sang suami. Dengan alasan tersebut seharusnya jelas kebutuhan batin yang seperti apa yang sudah tidak mampu di layani oleh istri sehingga bisa terlihat alasan yang jelas terkait memberikan izin untuk berpoligami.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Perkawinan, Poligami, Kebutuhan batin
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Feb 2022 00:23
Last Modified: 15 Feb 2022 00:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27805

Actions (login required)

View Item View Item