ISOLASI Lysinibacillus sphaericus ENTOMOPATOGENIK DARI SELOKAN PERUMAHAN DI KOTA MATARAM DAN TOKSISITASNYA TERHADAP LARVA Aedes aegypti

NOVIA, DEVI KUSUMA DEWI (2022) ISOLASI Lysinibacillus sphaericus ENTOMOPATOGENIK DARI SELOKAN PERUMAHAN DI KOTA MATARAM DAN TOKSISITASNYA TERHADAP LARVA Aedes aegypti. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NOVIA DEVI KUSUMA DEWI (G1A016033).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Aedes aegypti merupakan vektor primer dari penyakit demam berdarah. Demam berdarah merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat yang utama di Indonesia. Salah satu cara yang efektif untuk mengendalikan penyebaran demam berdarah adalah dengan membasmi larva Aedes aegypti di habitatnya dengan menggunakan agen hayati yang aman untuk lingkungan, seperti bakteri Lysinibacillus sphaericus. Penelitian ini bertujuan untuk mengisolasi, mengkarakterisasi dan menguji toksisitas L. sphaericus yang bersifat entomopatogenik terhadap larva Aedes aegypti instar III. Sampel tanah dikumpulkan dari 10 lokasi yang berbeda dari selokan di beberapa perumahan Kota Mataram. Tanah dihomogenkan dengan aquades steril. Suspensi diberikan heat shock pada suhu 80ºC selama 30 menit. Suspensi diencerkan dengan pengenceran bertingkat lalu disebar ke media Nutrien agar yang disuplementasi dengan antibiotik streptomisin. Koloni yang tumbuh dimurnikan, lalu dikarakterisasi berdasarkan morfologi koloni, morfologi sel, bentuk dan posisi endospora serta uji biokimia/fisiologi. Selanjutnya dilakukan uji toksisitas awal (selektif) terhadap larva A. aegypti. Isolat dengan proporsi kematian diatas 50% akan diuji kembali untuk menemukan toksistas kuantitatifnya (LC50) dalam 24 jam. Dari 10 lokasi, 3 isolat menunjukkan pesentase kematian diatas 50 %. Tiga isolat bakteri L. sphaericus ini yaitu Bs92 menunjukkan nilai LC50 dalam 24 jam yang paling tinggi yaitu sebesar 1,75 × 104 sel/mL diikuti oleh Bs91 sebesar 6,23 × 104 sel/mL dan Bs21 sebesar 7,17 × 106 sel/mL.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Lysinibacillus sphaericus, Entomopatogenik, Aedes aegypti, Toksisitas, Selokan
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Feb 2022 00:23
Last Modified: 15 Feb 2022 00:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27807

Actions (login required)

View Item View Item