ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI GEOMETRI BERDASARKAN LEVEL BERPIKIR VAN HIELE KELAS VIII SMPN 2 WANASABA TAHUN AJARAN 2020/2021

ERA, WATI SUGARA (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI GEOMETRI BERDASARKAN LEVEL BERPIKIR VAN HIELE KELAS VIII SMPN 2 WANASABA TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ERA WATI SUGARA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi geometri berdasarkan level berpikir Van Hiele kelas VIII SMPN 2 Wanasaba tahun ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa level berpikir siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Wanasaba secara umum dominan berada pada level 0 (visualisasi) yaitu sebanyak 13 orang (48,14%) dari 27 siswa yang mengikuti tes. Dalam pemecahan masalah geometri sesuai tahapan Polya, siswa yang berada pada level 0 (visualisasi) sudah mampu melakukan tahap memahami masalah dengan baik namun masih kurang sempurna dalam membuat rencana dan melaksanakan rencana penyelesaian. Siswa pada level 1 (analisis) sudah mampu melakukan tahap memahami masalah, membuat rencana dan melaksanakan rencana, namun dalam tahap melihat kembali, siswa tidak mampu memeriksa kembali hasil penyelesaiannya. Siswapada level 2 (deduksi informal) sudah mampu melakukan tahap memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana penyelesaian dan melihat kembali meskipun belum sempurna pada tahap melihat kembali. Siswa pada level 3 (deduksi) memiliki kemampuan pemecahan masalah yang sangat baik, mereka sudah mampu melakukan tahap memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana dan melihat kembali dengan tepat dan proses perhitungan juga dilakukan dengan tepat. Hal tersebut menunjukan bahwa semakin tinggi level berpikir Van Hiele siswa, maka kemampuan pemecahan masalah geometri yang dimilikinya akan semakin baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Geometri, Pemecahan Masalah, Level Berpikir, Van Hiele
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Feb 2022 00:23
Last Modified: 15 Feb 2022 00:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27809

Actions (login required)

View Item View Item