PENGARUH MODUL ELEKTRONIK KIMIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA SMAN 1 JONGGAT PADA MATERI TERMOKIMIA

NURWAHYU, AFRIANI (2022) PENGARUH MODUL ELEKTRONIK KIMIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA SMAN 1 JONGGAT PADA MATERI TERMOKIMIA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FIX NURWAHYU AFRIANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bagaimana pengaruh modul elektronik kimia terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Jonggat pada materi termokimia. Penelitian ini adalah penelitian ekperimental yaitu jenis penelitian yang bertujuan untuk melihat pengaruh tertentu terhadap suatu kondisi yang terkendalikan. Populasi yang digunakan sebanyak 161 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 65 siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Jonggat. Teknik sampel yang digunakan yaitu Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen tes dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, serta uji hipotesis yaitu menggunakan uji-t. Hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan nilai thitung = 4,94. Nilai thitung (4,94 ) > ttabel (2,00) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaaan modul elektronik kimia dapat memberikan pengaruh yang lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Jonggat pada materi termokimia.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pengaruh, Modul Elektronik, Hasil Belajar, Termokimia.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Feb 2022 00:23
Last Modified: 15 Feb 2022 00:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27810

Actions (login required)

View Item View Item