ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI PERSAMAAN KUADRAT BERDASARKAN KRITERIA WATSON DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF KELAS IX SMP NEGERI 2 BATUKLIANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

ROBI, INDRAWAN (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI PERSAMAAN KUADRAT BERDASARKAN KRITERIA WATSON DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF KELAS IX SMP NEGERI 2 BATUKLIANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Robi Indrawan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenisjenis kesalahan dan penyebab kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi persamaan kuadrat berdasarkan kriteria Watson yang ditinjau dari gaya kognitifnya. Subjek penelitian penelitian ini adalah para siswa kelas IX SMP Negeri 2 Batukliang tahun pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukkan siswa kategori gaya kognitif Field Dependent lebih banyak melakukan kesalahan prosedur tidak tepat dengan persentase kesalahan 21,05%, kesimpulan hilang dengan persentase kesalahan 28,94%, dan konflik level respon dengan persentase kesalahan 21,05%. Sementara itu, siswa kategori gaya kognitif Field Independent lebih banyak melakukan kesalahan data tidak tepat dengan persentase kesalahan 2,63%, data hilang dengan persentase kesalahan 5,26%, dan masalah hirarki keterampilan dengan persentase kesalahan 10,52%. Siswa kategori gaya kognitif Field Dependent melakukan kesalahan karena kurang memahami maksud dari soal, sehingga siswa mengalami kesalahan dalam menggunakan konsep dan prinsip matematis untuk menyelesaikan masalah. Siswa kategori gaya kognitif Field Independent melakukan kesalahan karena kurang teliti dalam melakukan perhitungan, serta tidak memeriksa perhitungan dan hasil jawaban kembali.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Analisis Kesalahan Siswa, Soal Cerita Matematika, Persamaan Kuadrat, Kriteria Watson, Gaya Kognitif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Feb 2022 06:00
Last Modified: 15 Feb 2022 06:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27815

Actions (login required)

View Item View Item