PENGARUH PENYISIPAN BERBAGAI VARIETAS TANAMAN KEDELAI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN JAGUNG SRIKANDI KUNING DI PRINGGABAYA LOMBOK TIMUR

Ita, Nirmala (2022) PENGARUH PENYISIPAN BERBAGAI VARIETAS TANAMAN KEDELAI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN JAGUNG SRIKANDI KUNING DI PRINGGABAYA LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Ita Nirmala (C1M016201).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyisipan berbagai varietas tanaman kedelai terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman jagung serta mengetahui LER (Land Equivalent Ratio) dari tumpangsari dan LER Parsial tanaman kedelai untuk mencari varietas kedelai yang paling toleran disisipkan di antara barisan tanaman jagung varietas Srikandi yang ditanam dengan jarak tanam normal 75 x 20 cm. Percobaan dilaksanakan di lahan tadah hujan desa Pringgabaya, Lombok Timur, dari bulan Februari sampai Juni 2020, yang dirancang dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK), yang terdiri atas 9 aras perlakuan penyisipan yaitu P0= jagung monokrop (jagung tanpa disisipi kedelai), P1= jagung disisipi kedelai varietas Anjasmoro, P2= varietas Dena-2, P3= varietas Agromulyo, P4= varietas Dering- 1, P5= varietas Grobongan, P6= varietas Dena-1, P7= varietas Dega-1, P8= varietas Deja-1. Setiap perlakuan dibuat dalam tiga blok (ulangan). Data dianalisis dengan ANOVA dan uji Beda Nyata Jujur (Tukey’s HSD) pada taraf nyata 5% menggunakan program CoStat for Windows ver. 6.303. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyisipan berbagai varietas tanaman kedelai tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel pertumbuhan dan hasil tanaman jagung varietas Srikandi Kuning, tetapi mampu meningkatkan hasil biji jagung 27,7% dan nisbah kesetaraan lahan (LER) 72,7% dengan tumpangsari jagug dan kedelai varietas Anjasmoro, jika dibandingkan dengan penanaman jagung secara monokrop. Sebaliknya, penyisipan tanaman kedelai di antara tanaman jagung signifikan menurunkan hasil biji kedelai, dengan LER parsial 0,17 – 0,53 atau 17 – 53%, dan berdasarkan LER parsial ini, maka varietas kedelai yang paling toleran ditanam-sisip di antara tanaman jagung Srikandi Kuning adalah Anjasmoro dan/atau Dega-1.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Jagung; kedelai; tanam-sisip; tumpangsari; nisbah kesetaraan lahan
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Feb 2022 06:00
Last Modified: 15 Feb 2022 06:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27816

Actions (login required)

View Item View Item