STATUS PEMANFAATAN ATAS TANAH HUTAN TAMAN NASIONAL GUNUNG RINJANI YANG DIKELOLA MASYARAKAT (STUDI DI DESA TETE BATU LOMBOK TIMUR)

WAHYU, RIZKI ASRORI (2022) STATUS PEMANFAATAN ATAS TANAH HUTAN TAMAN NASIONAL GUNUNG RINJANI YANG DIKELOLA MASYARAKAT (STUDI DI DESA TETE BATU LOMBOK TIMUR). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI WAHYU RIZKI ASRORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan yang mendasari masyarakat dalam mengelola dan memanfaatkan kawasan hutan, serta respon pemerintah terhadap pengelolaan hutan oleh masyarakat pada Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum empiris, dengan pendekatan perundang-undangan, pendekatan sosiologis, dan pendekatan konseptual. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Alasan pengelolaan dan pemanfaatan yang dilakukan masyarakat adalah karena andil yang mereka lakukan dalam proses rehabilitasi dan restorasi hutan, serta diperkuat dengan aturan-aturan yang melegalkan kegiatan tersebut. (2) Respon pemerintah terhadap pengelolaan hutan oleh masyarakat pada Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani dalam hal ini pemerintah memfasilitasi dengan penyusunan legalitas untuk pemanfaatan hutan yang segera diterbitkan, dan untuk praktek-praktek pemanfaatan akan terus dilakukan monitoring, edukasi, serta evaluasi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: pemanfaatan hutan, pemerintah, taman nasional.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Feb 2022 06:01
Last Modified: 15 Feb 2022 06:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27824

Actions (login required)

View Item View Item