IMPLIKASI GERAKAN #ME TOO TERHADAP PANDANGAN PEREMPUAN TERKAIT KETIDAKADILAN GENDER DI INDIA

LALU, HUSNUL HADI (2021) IMPLIKASI GERAKAN #ME TOO TERHADAP PANDANGAN PEREMPUAN TERKAIT KETIDAKADILAN GENDER DI INDIA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LALU HUSNUL HADI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini memberikan gambaran tentang diskriminasi gender yang terjadi di India hingga mengakibatkan terjadinya tindakan diskriminasi terhadap perempuan bahkan kasuskasus kejahatan lainnya. Akibat dari adanya diskriminas gender tersebut penulis mencoba mengaitkan peran beberapa faktor yang mengakibatkan diskriminasi tersebut, seperti faktor norma sosial, agama dan budaya budaya patriarki sehingga mengakibatkan perempuan berada dibawah kuasa laki-laki di beberapa bidang, seperti bidang politik, dan kehidupan sosial. Dimana akibat dari kesenjangan dan diskriminasi terhadap perempuan tersebut menyebabkan perempuan mengalami hambatan dalam mengekspresikan dirinya untuk berpartisipasi di ranah publik, mendapatkan kebebasan sosial, kesempatan kerja yang layak dan lain sebagainya. Penelitian menggunakan teori Gerakan Sosial Baru dan Teori Gender untuk menjawab permasalahan yang disajikan dalam penelitian ini. Berdasarkan analisis permaslahan kasus kekerasan seksual yang banyak terjadi di India, sehingga para aktivis feminis ataupun aktivis kemanusiaan merespon permasalhan tersebut dengan gerakan sosial, salah satunnya gerakan #MeToo. Hinngga gerakan sosial ini mampu diterima oleh semua kalangan masyarakat india dan mampu memberikan dampak yang positif bagi perubahan pemikiran peremuan di India.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Diskriminasi Gender, Kekerasan Seksual, Gerakan Sosial, perempuan, Gerakan #MeToo, Implikasi Gerakan #MeToo, India.
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Feb 2022 06:01
Last Modified: 15 Feb 2022 06:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27829

Actions (login required)

View Item View Item