IMPLEMENTASI UNITED NATIONS CONVENTION ON THE RIGHTS OF THE CHILD (UN-CRC) DALAM MENGURANGI KASUS PERNIKAHAN ANAK DI INDIA DAN HAMBATANNYA

RENO ARIAWAN, M. (2021) IMPLEMENTASI UNITED NATIONS CONVENTION ON THE RIGHTS OF THE CHILD (UN-CRC) DALAM MENGURANGI KASUS PERNIKAHAN ANAK DI INDIA DAN HAMBATANNYA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI M. RENO ARIAWAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Peneilitian ini memberikan gambaran tentang bias gender yang terjadi di India hingga mengakibatkan terjadinya tindakan diskriminasi terhadap perempuan bahkan kasus-kasus kejahatan lainnya. Akibat dari adanya bias gender tersebut penulis mencoba mengaitkan peran United Nations Convention on the Rights of the Child dalam mengurangi kasus pernikahan anak di India dengan dalih akibat dari adanya periaku bias gender, yang disebabkan oleh beberapa faktor, seperti faktor norma sosial, agama dan budaya patriarki sehingga mengakibatkan perempuan berada dibawah kuasa laki-laki di beberapa bidang, seperti bidang politik, pendidikan dan kehidupan sosial. Dimana akibat dari kesenjangan dan diskriminasi terhadap perempuan tersebut menyebabkan perempuan mengalami hambatan dalam mengekspresikan dirinya untuk berpartisipasi di ranah publik, mendapatkan kesempatan pendidikan yang lebih tinggi, kesempatan kerja yang layak dan lain sebagainya. Penelitian menggunakan teori Feminisme Liberal dan konsep Rezim Internasional untuk menjawab permasalahan yang disajikan dalam penelitian ini. Berdasarkan analisis permaslahan kasus pernikahan anak di India ini menunjukan bahwa tren penurunan kasus pernikahan anak yang dilakukan oleh National Family Health Survei (NFHS) menunjukan tren penurunan kasus yang meningkat dari tahun ke tahun, yaitu sejak diratifikasinya konvensi pada tahun 1992 sampai 2019. Namun upaya pemberantasan pernikahan anak tersebut masih terdapat hambatan yang diakibatkan oleh faktor bias gender sehingga sampai saat ini tindakan diskriminasi terhadap perempuan dan kasus pernikahan anak di India masih terjadi hingga sekarang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Bias Gender, Pernikahan Anak, Diskriminasi, United Nations Convention on the Rights of the Child, India.
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Feb 2022 06:01
Last Modified: 15 Feb 2022 06:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27830

Actions (login required)

View Item View Item