UPAYA NORMALISASI HUBUNGAN CHINA DAN KOREA SELATAN MELALUI KESEPAKATAN THREE NO’S

HELWATI, HELWATI (2021) UPAYA NORMALISASI HUBUNGAN CHINA DAN KOREA SELATAN MELALUI KESEPAKATAN THREE NO’S. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Helwati - L1A017053.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk menjelajahi upaya yang dilakukan oleh China dan Korea Selatan dalam menormalisasikan hubungan kedua negara. Fokus penelitian ini untuk mengeksplore sejauh mana keberhasilan kesepakatan Three No’s dalam menormalisasikan hubungan China dan Korea Selatan dan untuk mengetahui alasan China menyepakati kesepakatan Three No’s. Penelitian ini menggunakan kerangka konseptual model aktor rasional dan hubungan bilateral dalam menjawab rumusan permasalahan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini dapat dilihat dari beberapa alasan kuat China menyetujui kesepakatan tersebut yaitu untuk meminimalisir kerjasama Korea Selatan dan Amerika Serikat terkait missile defense. Adanya implementasi kesepakatan Three No’s dalam upaya menormalisasikan hubungan kedua negara melalui kerjasama ekonomi. Adapun menggunakan kerjasama ekonomi dalam mengimplementasikan kesepakatan Three No’s karena China dan Korea Selatan merupakan mitra dagang dan kerjasama ekonomi yang penting dan strategis, sehingga untuk melihat keberhasilan Three No’s dalam menormalisasikan hubungan China dan Korea Selatan, dapat dilihat dari laju kerjasama ekonomi dan perdagangan kedua negara.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Normalisasi Hubungan China dan Korea Selatan, Kesepakatan Three No’s, Implementasi Three No’s
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Feb 2022 03:26
Last Modified: 16 Feb 2022 03:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27852

Actions (login required)

View Item View Item