KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA UNTUK ADAPTASI SOSIAL MASYARAKAT SUKU BANJAR DENGAN SUKU SASAK DI KECAMATAN AMPENAN, KOTA MATARAM.

Baiq, Ratu Nurwahidah Vazira (2021) KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA UNTUK ADAPTASI SOSIAL MASYARAKAT SUKU BANJAR DENGAN SUKU SASAK DI KECAMATAN AMPENAN, KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA UNTUK ADAPTASI SOSIAL MASYARAKAT SUKU BANJAR DENGAN SUKU SASAK DI KECAMAT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Komunikasi antar budaya adalah proses mengenal serta memaknai budaya guna membangun relasi, berinterkasi dan bersikap dengan budaya yang dianut orang lain. Banyaknya proses mengenal dan memahami budaya membuat dibutuhkannya adaptasi. Adaptasi bertujuan utuk menyesuaikan diri terhadap lingkungan baru dengan tekanan-tekanan nilai dan norma budaya yang berbeda. Proses penyesuaian ini dapat melalui segala bentuk pembelajaran dan pertukaran budaya dalam interaksi sehari-hari sehingga tercipta rasa nyaman atas keadaan yang berbeda tersebut. Proses adaptasi dapat dilalui dalam 5 fase adaptasi, mulai dari fase perencanaan, fase bulan madu, fase frustrasi, fase penyesuain ulang sampai yang terakhir yakni fase resolusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi anatar budaya untuk adaptasi sosial masyarakat suku Banjar dengan suku Sasak di Kecamatan Ampenan, Kota Mataram. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pegumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan ini adalah kedua suku memiliki penerimaan yang baik terhadap satu sama lain sehingga proses adaptasi yang dialami keduanya berjalan tanpa konflik. Adapun faktor pendukung selama proses adaptasi adalah keterbukaan dan persamaan agama yang dianut, sedangkan faktor penghambatnya adalah perbedaan bahasa dan variasi tradisi budaya yang berbeda pada masingmasing suku.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: komunikasi antar audaya, adaptasi, deskriptif kualitatif
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Feb 2022 03:26
Last Modified: 16 Feb 2022 03:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27858

Actions (login required)

View Item View Item