SINTESIS METIL ESTER SULFONAT DARI MINYAK BIJI KELOR ( Moringa oleifera L. ) DENGAN AGEN SULFONASI NaHSO3 MENGGUNAKAN KATALIS CaO

NANILA, RAMDANI (2022) SINTESIS METIL ESTER SULFONAT DARI MINYAK BIJI KELOR ( Moringa oleifera L. ) DENGAN AGEN SULFONASI NaHSO3 MENGGUNAKAN KATALIS CaO. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_NANILA RAMDANI_G1C017040.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Metil ester sulfonat (MES) merupakan salah satu jenis surfaktan anionik yang banyak diaplikasikan dalam berbagai industri seperti industri sabun, detergen, farmasi, kosmetika, cat, dan industri perminyakan. Selama ini, bahan baku pembuatan surfaktan berasal dari minyak bumi yang tidak dapat diperbaharui dan tidak ramah lingkungan. Oleh karena itu, perlu dicari bahan baku alternatif lain yang dapat diperbaharui dan ramah lingkungan yaitu dari minyak biji kelor. Telah dilakukan penelitian sintesis MES dari minyak biji kelor (Moringa oleifera L.) dengan agen sulfonasi NaHSO3 menggunakan katalis CaO. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi terbaik pada sintesis metil ester sulfonat serta karakteristik MES pada kondisi terbaik. Pada penelitian ini, trigliserida dari minyak biji kelor direaksikan dengan metanol menggunakan katalis KOH sehingga menghasilkan metil ester yang berpotensi sebagai bahan baku pembuatan MES. Tahapan proses sintesis MES yaitu reaksi sulfonasi, pemurnian dan netralisasi. Reaksi sulfonasi menggunakan perbandingan rasio mol ME:NaHSO3 1:1,5 dan dilakukan pada beberapa kondisi proses sulfonasi yaitu suhu reaksi (70, 80, dan 90 ºC), massa katalis (0,5; 1; dan 1,5 %) dan waktu reaksi (3, 4 dan 5 Jam). Hasil penelitian menunjukkan kondisi terbaik dicapai pada suhu reaksi 80 ºC, massa katalis 1 % dan waktu reaksi 4 Jam. Metil ester sulfonat yang diperoleh memiliki karakteristik cairan berwarna putih kekuningan dengan nilai pH 7, persen yield yang didapatkan sebesar 66,72 % dan memiliki nilai Rf MES hasil sintesis dengan MES standar berturut-turut 0,448 dan 0,379. Berdasarkan hasil analisis spektrofotometer FTIR, MES terbentuknya gugus sulfonat pada bilangan gelombang 1238,45 cm-1 dan 1118,65 cm -1 yang menunjukkan telah terbentuknya gugus sulfonat (S=O).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Biji kelor, Minyak, Sulfonasi, Metil ester sulfonat (MES)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Feb 2022 03:27
Last Modified: 16 Feb 2022 03:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27869

Actions (login required)

View Item View Item