PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBANTUAN SPARKOLVIDEOSCRIBE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK

ENDANG, SRI WAHYUNI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBANTUAN SPARKOLVIDEOSCRIBE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ENDANG S.W (E1Q015015).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada kondisi pembelajaran fisika yang masih menggunakan metode ceramah dan pembelajaran yang hanya menggunakan media buku cetak dalam menyampaikan materi fisika. Pergeseran pembelajaran fisika yang sering ditemukan lebih kearah pembelajaran matematika dan sub materi yang disampaikan banyak tidak memperhatikan konsep-konsep yang ada pada materi. Kondisi ini yang membuat peneliti memperkenalkan untuk menggunakan media pembelajaran berbantuan sparkol videoscribe (berbentuk video). Pengembangan ini bertujuan untuk menguji kelayakan media yang dikembangkan melalui uji validitas dan reliabilitas. Metode penelitian yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah Research and Development (R&D) dengan desain penelitian yang digunakan dalah 4D yang terdiri dari Define, Design, develop dan Disseminate, namun pada penelitian ini dibatasi hanya sampai pada tahap pengembangan (develop). Subjek penelitian ini yaitu media pembelajaran fisika menggunakan Sparkol Videoscribe bentuk video untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika peserta didik pada materi fluida statis. Pengambilan data pada penelitian menggunakan lembar validasi yang dinilai oleh 6 validator ahli yang terdiri dari 3 orang dosen dan 3 orang guru pendidikan fisika. Uji validitas dilakukan untuk menentukan kelayakan media pembelajaran dan perangkat pembelajaran. Hasil penelitian berupa produk dari media pembelajaran fisika berbantuan Sparkol Videoscribe diperoleh nilai rata-rata validitas media pembelajaran berada pada kategori valid dengan tingkat validitas yaitu 3,24 oleh validator dosen dan 3,24 oleh validator guru. Uji reliabilitas, diperoleh hasil rata-rata interval koefisien reliabilitas yaitu 93% oleh validator dosen dan 96% oleh validator guru dengan kategori reliable. Kesimpulannya dapat dikatakan media yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran karena masuk pada kategori valid dan reliabel.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran Fisika, Sparkol Videoscribe, Pemahaman Konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Feb 2022 03:27
Last Modified: 16 Feb 2022 03:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27870

Actions (login required)

View Item View Item