PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN KELAS IV SDN 1 BAGIK POLAK BARAT TAHUN PELAJARAN 2021

JUMRAH, JUMRAH (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN KELAS IV SDN 1 BAGIK POLAK BARAT TAHUN PELAJARAN 2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI JUMRAH E1E217087.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengentahui ada atau tidak Pengaruh Model Pembelajaran Koopeartif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar PPKn kelas IV SDN 1 Bagik Polak Barat Tahun Pelajaran 2021. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen, jenis Quasi Ekperimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 1 Bagik Polak Barat tahun pelajaran 2021 yang terdiri dari dua kelas yaitu, kelas IVA dan IVB. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar (Pretest- Posttest) untuk memperoleh data hasil belajar PPkn, instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes hasil belajar sebanyak 10 butir soal yang telah memenuhu validitas. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan ttes polled varian. Sebelum melakukan uji hipotesis data yang diperoleh terlebih dahulu menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas data. Berdasarksan perhitungan pengujian hipotesis dengan uji-t diperoleh thitung = 2.117, sedangkan ttabel 1.681 pada taraf signifikan 5% dengan dk 42 sehingga thitung 2.117> 1.681 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti bahwa ada Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together Berbantuan Media Gambar terhadap hasil belajar PPKn kelas IV SDN 1 Bagik Pola Barat Tahun Pelajaran 2021.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci :NHT, Media Gambar, Hasil Belajar, PPKn
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Feb 2022 03:27
Last Modified: 16 Feb 2022 03:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27874

Actions (login required)

View Item View Item