PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN KONFLIK KOGNITIF BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK

HAERUNNISA, HAERUNNISA (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN KONFLIK KOGNITIF BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI HAERUNNISA_(E1Q016018).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran dengan pendekatan konflik kognitif berbantuan video pembelajaran untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika peserta didik yang layak digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, dan Dissemninate). Peneltian ini dibatasi sampai pada tahap pengembangan (develop). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), video pembelajaran, dan instrumen penilaian penguasaan konsep. Kelayakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dilihat dari hasil validasi enam validator yang dihitung dengan validitas dan reliabilitas perangkat. Hasil penelitian berdasarkan penilaian ahli menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan memiliki kriteria yang sangat valid dan reliabel pada Silabus, RPP, LKPD, video pembelajaran dan instrumen penilaian penguasaan konsep. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disumpulkan bahwa perangkat pembelajaran dengan pendekatan konflik kognitif berbantuan video pembelajaran layak digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Perangkat Pembelajaran, Pendekatan Konflik Kognitif, Video Pembelajaran, Penguasaan Konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Feb 2022 03:27
Last Modified: 16 Feb 2022 03:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27879

Actions (login required)

View Item View Item