PENGARUH PENAMBAHAN MADU Trigona sapiens DAN LAMA FERMENTASI TERHADAP VIABILITAS BAKTERI ASAM LAKTAT DALAM GARAM EMPEDU DAN MUTU YOGHURT JAGUNG MANIS (Zea mays saccharata L.)

SABRINA, SAMIMI (2022) PENGARUH PENAMBAHAN MADU Trigona sapiens DAN LAMA FERMENTASI TERHADAP VIABILITAS BAKTERI ASAM LAKTAT DALAM GARAM EMPEDU DAN MUTU YOGHURT JAGUNG MANIS (Zea mays saccharata L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SABRINA SAMIMI (J1A017094).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Jagung manis dapat dimanfaatkan sebagai alternatif bahan baku yoghurt. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penambahan madu Trigona sapiens dan lama fermentasi terhadap viabilitas Bakteri Asam Laktat (BAL) serta mutu yoghurt jagung manis. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) dua faktor yakni penambahan madu 0 dan 10% dan lama fermentasi 0, 8 dan 12 jam. Data hasil pengamatan dianalisis menggunakan analisis keberagaman (Analysis of Variance) pada taraf nyata 5% menggunakan software Co-Stat dan dengan Uji Lanjut Beda Nyata Jujur (BNJ) pada taraf 5%. Parameter yang diamati meliputi total BAL, viabilitas BAL, nilai pH, dan sifat sensoris. Perlakuan terbaik pada penelitian ini diperoleh pada penambahan madu 10% dan lama fermentasi 8 jam menghasilkan yoghurt jagung manis dengan total BAL 11,35 log CFU/ml, viabilitas BAL hanya mengalami penurunan 0.35 log CFU/ml, nilai pH 3.93, dan sifat sensoris berupa aroma, rasa dan warna agak disukai disukai oleh panelis dengan masing-masing kriteria agak beraroma jagung manis, agak berasa asam dan berwarna sangat kuning.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : lama fermentasi, madu Trigona sapiens, yoghurt jagung manis
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Feb 2022 03:28
Last Modified: 16 Feb 2022 03:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27883

Actions (login required)

View Item View Item