PENGARUH VARIASI KONSENTRASI ASAM (HCl, H3PO4) TERHADAP AKTIVASI ARANG AMPAS TEBU SEBAGAI ADSORBEN DALAM PEMURNIAN BIOGAS

Gusti Bagus Surya Gangga, I (2022) PENGARUH VARIASI KONSENTRASI ASAM (HCl, H3PO4) TERHADAP AKTIVASI ARANG AMPAS TEBU SEBAGAI ADSORBEN DALAM PEMURNIAN BIOGAS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TA_I GUSTI BAGUS SURYA GANGGA_F1C017039.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Salah satu energi alternatif yang banyak digemari masyarakat umum sekarang adalah biogas. Biogas memiliki kandungan utama yaitu CH4 dan beberapa komponen pengotor seperti CO2 dan H2S. Komponen pengotor pada biogas dapat menyebabkan penurunan nilai kalor pada biogas dan membuat mutu biogas menurun, karena itu biogas harus dimurnikan terlebih dahulu. Proses pemurnian biogas menggunakan metode adsorpsi dapat dilakukan dengan memanfaatkan limbah ampas tebu yang digunakan sebagai bahan pembuatan arang aktif. Arang ampas tebu akan melalui proses aktivasi menggunakan larutan aktivator HCl dan H3PO4 dengan memvariasikan konsentrasinya. Variasi konsentrasi yang digunakan yaitu 10%, 15%, dan 20%. Pada tahap pertama menggunakan pemurnian biogas satu tingkat di mana diperoleh konsentrasi HCl terbaik sebesar 20% dengan kemampuan penyerapan sebesar 91,54%, sedangkan pada H3PO4 diperoleh konsentrasi terbaik pada konsentrasi 10% di mana kemampuan penyerapan sebesar 91,50%. Setelah itu dilanjutkan dengan tahap dua di mana dilakukan pemurnian biogas menggunakan dua tingkat antara arang aktif ampas tebu teraktivasi HCl 20% dan H3PO4 20% dan diperoleh hasil penyerapan yang lebih kecil sebesar 91,06%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: pemurnian, biogas, adsorpsi, arang aktif, ampas tebu
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Feb 2022 03:28
Last Modified: 16 Feb 2022 03:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27885

Actions (login required)

View Item View Item