ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL BUDIDAYA UDANG LOBSTER SISTEM KERAMBA JARING APUNG (KJA) DI KECAMATAN JEROWARU KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Dandi, Kuswara (2022) ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL BUDIDAYA UDANG LOBSTER SISTEM KERAMBA JARING APUNG (KJA) DI KECAMATAN JEROWARU KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Untuk Menganalisis biaya dan manfaat (Benefit), kelayakan finansial dan kendala yang dihadapi usaha budidaya udang lobster di Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan teknik penentuan responden penelitian yaitu purposive sampling dan teknik penentuan sampel responden menggunakan metode Proportional sampling. Metode pengumpulan data menggunakan teknik survei langsung pada responden penelitian. Variabel yang diamati meliputi terdiri dari variabel pokok dan variabel pendamping. Variabel pokok meliputi biaya produksi (Input), Produksi (Benefit) dan kelayakan finansial. Data yang didapat kemudian dianalisis menggunakan analisis biaya dan pendapatan, analisis kelayakan finansial dan analisis kendala. Hasil penelitian mencakup dua variabel yaitu variabel pendamping yang terdiri dari karakteristik wilayah dan karakteristik responden. Karakteristik wilayah didapatkan dari sintesis data sekunder, sedangkan karakteristik responden didapatkan dari hasil penelitian langsung dengan responden meliputi, umur responden, jenis kelamin, jumlah tanggungan, tingkat pendidikan, pengalaman budidaya, skala usaha dan prioritas usaha. Hasil penelitian pada variabel utama pada variabel biaya produksi, besaran biaya investasi total sebesar Rp. 19.790.056 dan biaya operasional sebesar Rp. 33.406.696. Produksi (Benefit) rata-rata per tahun usaha budidaya lobster selama tiga tahun terakhir (periode 2019 – 2021) sebesar Rp. 54.512.500, Rp. 54.075.000 dan Rp. 52.305.000. Kelayakan finansial pada nilai NPV sebesar Rp. 36.552.634, IRR sebesar 93,45% dan net B/C sebesar 2,85.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Usaha Budidaya Lobster, Kelayakan Usaha, Kecamatan Jerowaru Lombok Timur
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 Feb 2022 03:35
Last Modified: 22 Feb 2022 03:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27897

Actions (login required)

View Item View Item