STUDI TENTANG DISTRIBUSI PUPUK BERSUBSIDI PADA ANGGOTA KELOMPOK TANI PADI SAWAH DI KECAMATAN SEKARBELA KOTA MATARAM

NOVIA, KHAIRUNNISA (2022) STUDI TENTANG DISTRIBUSI PUPUK BERSUBSIDI PADA ANGGOTA KELOMPOK TANI PADI SAWAH DI KECAMATAN SEKARBELA KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
S_NOVIA KHAIRUNNISA_STUDI TENTANG DISTRIBUSI PUPUK BERSUBSIDI PADA ANGGOTA KELOMPOK TANI PADI SAWAH DI KECAMATAN SEKARBEL~1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui pelaksanaan pendistribusian pupuk bersubsidi pada anggota kelompok tani di Kecamatan Sekarbela Kota Mataram, (2) Mengetahui peranan anggota kelompok tani dalam proses pelaksanaan pendistribusian pupuk bersubsidi di Kecamatan Sekarbela Kota Mataram, dan (3) Mengetahui faktor-faktor penghambat pelaksanaan pendistribusian pupuk bersubsidi pada anggota kelompok tani di Kecamatan Sekarbela Kota Mataram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriftif. Penelitian dilakukan di Kecamatan Sekarbela Kota Mataram dengan metode purposive Sampling. Unit analisis pada penelitian ini adalah pelaksanaan distribusi pupuk pada level distributor, pengecer dan kelompok tani serta petani yang tergabung kedalam kelompok tani sebagai petani yang mendapatkan bantuan subsidi pupuk di Kecamatan Sekarbela Kota Mataram. Sampel responden sebanyak 54 orang dengan distributor dan pengecer sebagai key informan, untuk Sampel ketua kelompok ditentukan dengan metode “Purposive Sampling”, dan penentuan sampel untuk anggota kelompok dilakukan secara random sampling. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat pendistribusianpupuk bersubsidi yaitu dengan menggunakan analisis linier berganda dengan aplikasi SPSS Statistic 20. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan (1) pelaksanaan pendistribusian pupuk bersubsidi dilakukan dengan pengumpulan identitas data diri pada eRDKK berupa KTP dan jumlah luas lahan oleh ketua kelompok pada penyuluh. Pendistribusian dilakukan 3 kali dalam setahun yang disesuaikan dengan jumlah musim tanam yaitu musim tanam pertama pada bulan Januari-April, musim tanam kedua dilakukan pada bulan Mei-Agustus dan musim tanam ketiga dilakukan pada bulan September-Desember. Untuk tahun ini dilakukan penebusan sebanyak 286,944 kg atau sebanyak 43 ton dengan jumlah luas lahan sebesar 427,30 Ha. (2) dalam pelaksanaan pendistribusian pupuk, petani yang sudah terdaftar sebagai anggota penerima pupuk bersubsidi. Berperan nyata sebagai acuan adanya ketidaefienannya pendisitribusian pupuk, seperti jumlah pupuk yang tidak sesuai kebutuhannya serta dosis penggunaan yang dianjurkan tidak tepat. (3) faktor-faktor penghambat pendistribusian pupuk disebabkan oleh jumlah pupuk subsidi yang didistribusikan oleh pemerintah tidak mencukupi kebutuhan petani. Sehingga penggunaan pupuk non subsidi lebih banyak dibandingkan dengan pupuk subsidi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Distribusi pupuk bersubsidi, anggota kelompok tani, pupuk
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 Feb 2022 03:35
Last Modified: 22 Feb 2022 03:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27907

Actions (login required)

View Item View Item