ANALISIS REGRESI POISSON INVERSE GAUSSIAN UNTUK MENGATASI OVERDISPERSION (Studi Kasus: Jumlah Kasus Data HIV di Indonesia Tahun 2017)

Amini, Baiq Qatri Dania (2020) ANALISIS REGRESI POISSON INVERSE GAUSSIAN UNTUK MENGATASI OVERDISPERSION (Studi Kasus: Jumlah Kasus Data HIV di Indonesia Tahun 2017). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Abstrak Skripsi QATRI DANIA.pdf

Download (149kB) | Preview

Abstract

Analisis regresi Poisson digunakan untuk menganalisis data yang variable responnya berupa data diskrit atau data cacah (count). Dalam regresi Poisson variable respon harus memenuhi asumsi equidispersion (nilai variansi sama dengan nilai rata-rata). Namun kenyataan di lapangan sering terjadi pelanggaran asumsi tersebut, yaitu nilai variansinya lebih besar dari nilai rata-rata (overdispersion). Regresi Poisson yang ditetapkan pada data yang mengandung overdispersion akan menghasilkan nilai standar error yang menjadi underestimate. Oleh karena itu dalam memodelkan data cacah tidak cukup dengan regresi Poisson sederhana, perlu adanya campuran distribusi Poisson dengan beberapa distribusi baik diskrit maupun kontinu (mixed Poisson distribution). Salah satu mixed Poisson distribution yang sering digunakan dalam penelitian yaitu distribusi Poisson Inverse Gaussian. Regresi Poisson Inverse Gaussian dirancang untuk data cacah dengan kasus overdispersion. Penelitian ini menerapkan Regresi Poisson Inverse Gaussian pada data HIV di Indonesia tahun 2017. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa regresi Poisson Inverse Gaussian lebih baik disbanding regresi Poisson dengan variable yang signifikan mempengaruhi HIV adalah jumlah persentase penduduk dengan Pendidikan tertinggi SLTA (x_2) dan persentase jumlah tenaga Kesehatan (x_7).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Data cacah, Standar error, Underestimate
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Dr. I Gede Adhitya Wisnu Wardhana
Date Deposited: 22 Feb 2022 23:39
Last Modified: 22 Feb 2022 23:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27912

Actions (login required)

View Item View Item