PELAKSANAAN “GUNYA” (PERJANJIAN BAGI HASIL) DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 2 TAHUN 1960 DI KECAMATAN MARONGE KABUPATEN SUMBAWA

IKA, RANTINGHIDAYAH (2022) PELAKSANAAN “GUNYA” (PERJANJIAN BAGI HASIL) DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 2 TAHUN 1960 DI KECAMATAN MARONGE KABUPATEN SUMBAWA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Ika Rantinghidayah_D1A017123.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, memahami dan menganalisa pelaksanaan sistem Gunya atau perjanjian bagi hasil tanah pertanian yang berlaku di Kecamatan Maronge kabupaten Sumbawa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian hukum empiris yang bersifat deskriptif. Jenis data yang digunakan terdiri atas data primer yaitu wawancara dan data sekunder berasal dari UUPA. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan “gunya” atau perjanjian bagi hasil tanah pertanian di Kecamatan Maronge Kabupaten Sumbawa tidak menggunakan perjanjian bagi hasil menurut Undang-Undang No 2 tahun 1960 akan tetapi mereka melakukan perjanjian bagi hasil secara lisan atas dasar kepercayaan dan kesepakatan antara kedua belah pihak. Sedangkan kendala-kendala Tidak berlakunya Undang-undang No 2 tahun 1960 karena faktor pola pikir dan pola hidup yang monoton memicu pasifnya/tidak berlakunya suatu undang-undang didaerah ini. Oleh karena itu, perlu adanya peran aktif dari semua instansi, untuk melakukan sosialisasi dan penyuluhan hukum secara maksimal agar peraturan perundang-undangan yang dibuat oleh pemerintah dapat terlaksana secara efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Perjanjian Bagi Hasil, Tanah Pertanian, Hukum Adat
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Feb 2022 05:17
Last Modified: 23 Feb 2022 05:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27917

Actions (login required)

View Item View Item