PARTISIPASI PEREMPUAN DALAM PENGELOLAAN HUTAN KEMASYARAKATAN DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Baiq, Zullatul Qaidah (2021) PARTISIPASI PEREMPUAN DALAM PENGELOLAAN HUTAN KEMASYARAKATAN DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
S_BAIQ ZULLATUL QAIDAH_PARTISIPASI PEREMPUAN DALAM PENGELOLAAN HUTAN KEMASYARAKATAN DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH_0721 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui tingkat partisipasi perempuan dalam pengelolaan hutan kemasyarakatan di Kabupaten Lombok Tengah. (2) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh perempuan dalam berpartisipasi pada pengelolaan hutan kemasyarakatan di Kabupaten Lombok Tengah. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Lombok Tengah tepatnya di Kecamatan Batukliang Utara yaitu di HKm Aik Berik dan Kecamatan Kopang di HKm Aik Bual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif dengan menggunakan kuisioner terhadap 60 responden, hasil penelitian menunjukkan Partisipasi perempuan dalam pengelolaan hutan kemasyarakatan di Kabupaten Lombok Tengah secara umum berada pada kategori rendah dengan persentase 46,67%. Hal ini disebabkan karena masyarakat berasumsi bahwa perempuan hanya sebatas mengurus rumah tangga dan anak sedangkan yang mampu mengelola sesuatu, seperti organisasi dalam HKm hanya laki-laki. Selain itu, sosial masyarakat yang masih menganggap perempuan lemah, tidak hanya oleh pihak laki-laki namun perempuan itu sendiri menganggap dirinya tidak mampu berpartisipasi penuh dalam pengelolaan HKm. Akan tetapi ada beberapa kegiatan dalam pengelolaan HKm partisipasi perempuan juga tinggi seperti kegiatan budidaya, pemasaran dan pemanfaatan hasil HKm. Kendala-kendala yang dihadapi diantaranya yaitu (a) Tidak ada bahan baku, (b) adanya gangguan seperti monyet sehingga hasil panen berkurang, (c) penyebaran informasi tidak merata, (d) sudah tidak ada tenaga untuk bekerja, dan (e) tidak bisa menggunakan alat yang ada.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Hutan Kemasyarakatan (HKm), Pengelolaan Hkm, Partisipasi
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Feb 2022 05:17
Last Modified: 23 Feb 2022 05:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27919

Actions (login required)

View Item View Item