TEKNIK PERBURUAN DAN PEMANENAN LEBAH HUTAN Apis dorsata OLEH MASYARAKAT SEKITAR HUTAN DI KECAMATAN MARONGE KABUPATEN SUMBAWA

HAERUL, HAERUL (2022) TEKNIK PERBURUAN DAN PEMANENAN LEBAH HUTAN Apis dorsata OLEH MASYARAKAT SEKITAR HUTAN DI KECAMATAN MARONGE KABUPATEN SUMBAWA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI HAERUL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Apis dorsata merupakan salah satu jenis lebah madu yang sebaran aslinya mencakup Sebagian besar wilayah Indonesia dan dikenal memiliki tingkat produktivitas tinggi. Apis dorsata tergolong lebah liar yang belum dapat dibudidayakan sehingga pemanenan hanya dilakukan melalui aktivitas perburuan di kawasan hutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknik perburuan dan pemanenan lebah hutan A. dorsata. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Pemasar, Kecamatan Maronge, Kabupaten Sumbawa. Penelitian ini dilakukan dengan metode observasi/survei, wawancara dan diskusi. Kegiatan berburu dilakukan secara berkelompok yaitu rata-rata 3-5 orang/kelompok dengan teknik mencari kotoran lebah yang menempel ditanah dan bebatuan serta melihat lebah pekerja menghisap air. Teknik pemanenan madu dilakukan secara tradisional dengan peralatan yang digunakan sepetri ranting/dahan kering dan daun basah, ember, jerigen, tali nilon dan parang. Pemanenan dilakukan dari pagi sampai sore hari. Hasil penelitian didapat bahwa koloni lebah membuat satu saran disetiap pohon sarang. Panjang sarang lebah memiliki nilai rata-rata sebesar 87,6 cm dengan nilai terbesar 115 cm dan terkecil 58 cm, lebar sarang lebah memiliki nilai rata-rata sebesar 76,8 cm dengan nilai terbesar 104 cm dan terkecil 44 cm, ketebalan sarang lebah memiliki nilai rata-rata sebesar 12,3 cm dengan nilai terbesar 16 cm dan terkecil 10 cm. Sudut kemiringan sarang lebah memiliki nilai rata-rata sebesar 27,1o dengan nilai terbesar 40o dan terkecil 14o , serta diameter dahan tempat lebah bersarang memiliki nilai rata-rata sebesar 44 cm dengan nilai terbesar 80 cm dan terkecil 27 cm. Sedangkan untuk jumlah produksi madu/sarang memiliki nilai ratarata sebesar 5,5 kg dengan produksi terbanyak sebesar 10 kg dan terkecil 3 kg. Hasil berburu lebah hutan A. dorsata menjadi sumber pemasukan tambahan bagi masyarakat Desa Pemasar, Kecamatan Maronge, Kabupaten Sumbawa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : perburuan, pemanenan, lebah hutan A. dorsata
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 24 Feb 2022 01:42
Last Modified: 24 Feb 2022 01:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27943

Actions (login required)

View Item View Item