SYAMSUL, HADI (2022) TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN ANGKUTAN ONLINE TERHADAP KONSUMEN ATAS JUAL BELI AKUN DRIVER. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa bentuk tanggung jawab perusahaan angkutan online dan bentuk perlindungan hukum bagi penumpang akibat adanya praktik jual beli akun driver. Penelitian ini bersifat yuridis normatif dengan menggunakan metode pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual. Hasil yang di dapat dari penelitian ini, diketahui bahwa tanggung jawab dari perusahaan angkutan online terhadap kerugian yang dialami konsumen sangat terbatas karena pada dasarnya perusahaan angkutan online bukan merupakan perusahaan transportasi seperti perusahaan penyedia taksi atau bus umum, berkaitan dengan fungsi perusahaan angkutan online sebagai penghubung antara konsumen dan driver, tanggung jawab pihak perusahaan angkutan online atas adanya praktik jual beli akun driver diberikan dengan cara pemberian sanksi pemutusan kemitraan dengan driver dan penonaktifan pada akun driver, serta pemberian jaminan asuransi oleh perusahaan angkutan online kepada konsumen. Dalam hal terjadi kecelakaan tanggung jawab sepenuhnya diberikan kepada driver yang berhubungan secara langsung dengan konsumen juga sebagai pihak yang melanggar aturan kemitraan yang telah disepakati.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kata Kunci: Tanggung Jawab, Perusahaan Angkutan Online, Praktik Peralihan Akun. |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 25 Feb 2022 05:41 |
Last Modified: | 25 Feb 2022 05:41 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27959 |
Actions (login required)
View Item |