PENGGUNAAN KARTU KATA DAN GAMBAR UNTUK MENGENALKAN HURUF PADA ANAK KELOMPOK B2 DI PAUD TANWIRUL QULUB MATARAM TAHUN AJARAN 2016/2017

WULANDARI, EVALIA (2017) PENGGUNAAN KARTU KATA DAN GAMBAR UNTUK MENGENALKAN HURUF PADA ANAK KELOMPOK B2 DI PAUD TANWIRUL QULUB MATARAM TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI EVALIA WULANDARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi di PAUD Tanwirul Qulub Mataram, terkait dengan pengenalan huruf anak seperti belum mengenal huruf dan sering tertukar menyebut huruf b dengan huruf d, huruf p dengan huruf q, dan huruf a dengan huruf e. Untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan media pembelajaran yang menyenangkan agar pengenalan huruf anak berkembang maksimal. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan kegiatan bermain menggunakan kartu kata dan gambar yang tepat untuk mengenalkan huruf pada anak kelompok B di PAUD Tanwirul Qulub Mataram. Jenis penelitian ini menggunakan tiga kali tahap pengembangan. Subjek penelitian adalah adalah anak TK kelompok B2 usia 5–6 tahun yang berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Langkah–langkah dalam bermain kartu kata dan gambar yaitu : (a) mengenalkan permainan kartu kata dan gambar, (b) memberitahukan kepada anak cara atau langkah dalam bermain kartu kata dan gambar dengan cara mempraktikkan langsung, (c) mengamati perkembangan anak selama permainan berlangsung, dan (d) melakukan diskusi dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata–rata hasil observasi siswa pada pembelajaran mengenal huruf anak menggunakan kartu kata dan gambar mengalami peningkatan dari pengembangan I yaitu 55,50%, pengembangan II yaitu 68,60%, dan rata–rata persentase pada pengembangan III yaitu 84,93% dengan peningkatan sebesar 13,10 % menunjukkan adanya peningkatan yang terjadi pada pengembangan I ke pengembangan II dan 16,33% menunjukkan adanya peningkatan dari pengembangan II ke pengembangan III. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan kartu kata dan gambar dapat mengenalkan huruf pada anak TK kelompok B2 usia 5–6 tahun di PAUD Tanwirul Qulub Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Mengenal Huruf, Kartu Kata dan Gambar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 21 Apr 2018 04:47
Last Modified: 21 Apr 2018 04:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/2796

Actions (login required)

View Item View Item