RESPON POLA TANAM JAGUNG-SORGUM TERHADAP BEBERAPA PAKET PEMUPUKAN BERBASIS MIKORIZA INDIGENUS DAN BAHAN ORGANIK DI LAHAN KERING LOMBOK UTARA

Astiko, Wahyu RESPON POLA TANAM JAGUNG-SORGUM TERHADAP BEBERAPA PAKET PEMUPUKAN BERBASIS MIKORIZA INDIGENUS DAN BAHAN ORGANIK DI LAHAN KERING LOMBOK UTARA. LPPM Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JSTL Vol.4 No.2 Des.2018-RESPON POLA TANAM JAGUNG-SORGUM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon pola tanam jagung–sorgum pada beberapa paket pemupukan ramah lingkungan yang dapat memperbaiki kualitas kesuburan tanah, mengefisiensikan penggunaan pupuk anorganik serta meningkatkan hasil tanaman di lahan kering. Penelitian ini dilakukan di Desa Akar-Akar Kecamatan Bayan Lombok Utara. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok, dengan menguji lima paket pemupukan ramah lingkungan pada pola tanam jagung–sorgum dan diulang 4 kali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon pola tanam jagung – sorgum pada paket pemupukan 60% lebih rendah dari dosis pupuk rekomendasi dengan penambahan pupuk kandang 12 ton per ha disertai dengan inokulasi mikoriza meningkatkan kesuburan tanah yang tercermin dengan meningkatkan status hara N, P, K dan kandungan bahan organik tanah, meningkatkan serapan hara tanaman (N, P, K dan Ca), pertumbuhan, hasil tanaman dan aktivitas MA di dalam tanah.

Item Type: Other
Keywords (Kata Kunci): pola tanam, paket pemupukan, mikoriza, lahan kering
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: . Salahudin, A.Md.,S.Adm. ,
Date Deposited: 01 Mar 2022 01:53
Last Modified: 01 Mar 2022 01:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28001

Actions (login required)

View Item View Item