PENGARUH PENGGUNAAN SISTEM RESIRKULASI DUA TINGKAT TERHADAP PEMELIHARAAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus) DENGAN KEPADATAN YANG BERBEDA

INDRIATUN, DELIAWATI (2022) PENGARUH PENGGUNAAN SISTEM RESIRKULASI DUA TINGKAT TERHADAP PEMELIHARAAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus) DENGAN KEPADATAN YANG BERBEDA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI INDRIATUN DELIAWATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Ikan nila merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang populer di kalangan masyarakat. Usaha budidaya ikan nila sangat berkembang pesat di Indonesia karena pertumbuhan ikan nila relatif cepat, mudah untuk dikembangkan dan efisien terhadap pemberian pakan sehingga banyak pembudidaya yang membudidayakan ikan nila. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh penggunaan sistem resirkulasi dua tingkat terhadap pemeliharaan ikan nila (Oreochromis niloticus) dengan kepadatan yang berbeda serta menganalisa padat penebaran terbaik terhadap pemeliharaan ikan nila (Oreocromis niloticus) menggunakan sistem resirkulasi dua tingkat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan acak lengkap dengan 5 perlakuan dan masing-masing 3 ulangan yang terdiri dari A (kepadatan 30 ekor/0.198m2), B (kepadatan 40 ekor/0.198m2), C (kepadatan 50 ekor/0.198m2), D (kepadatan 60 ekor/0.198m2) E (kepadatan 70 ekor/0.198m2). Masing-masing perlakuan menggunakan filter yang sama yaitu kapas, batu zeolit, batu apung, dan bioball, kemudian digunakan pada satu pasang (2 unit penampang dengan luas 1.087 cm 2 dan volume 1.865 cm3) dengan komposisi filter 25 %. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan sistem resirkulasi dua tingkat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhan berat mutlak, pertumbuhan panjang mutlak, tingkat kelangsungan, rasio konversi pakan dan total biomasaa ikan. Kesimpulan penelitian ini adalah filter dua tingkat dengan sistem resirkulasi dapat memperbaiki kualitas air yaitu dengan nilai rata-rata suhu 28.5 °C, DO 5.5 mg/l , pH 8.0 , kekeruhan 6.5 NTU, serta dapat menghilangkan nilai TOM sebesar 65% dari media budidaya sehingga menunjang pertumbuhan dankelangsungan hidup ikan nila. Padat tebar terbaik terdapat pada perlakuan A dengan nilai pertumbuhan panjang mutlak sebesar 5.5 cm, nilai berat mutlak sebesar 8.9 gram, nilai rasio konversi pakan sebesar 1.0, dan nilai tingkat kelangsungan hidup 90 %.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Ikan nila, Sistem Resirkulasi, Kepadatan.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 01 Mar 2022 23:41
Last Modified: 01 Mar 2022 23:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28024

Actions (login required)

View Item View Item