PERENDAMAN TELUR DALAM LARUTAN DAUN KETAPANG (Terminalia catappa) DENGAN DOSIS BERBEDA TERHADAP DAYA TETAS TELUR IKAN KOI (Cyprinus carpio)

Supiandi, Supiandi (2022) PERENDAMAN TELUR DALAM LARUTAN DAUN KETAPANG (Terminalia catappa) DENGAN DOSIS BERBEDA TERHADAP DAYA TETAS TELUR IKAN KOI (Cyprinus carpio). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Supiandi ( C1K017098 ).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Ikan koi (Cyprinus carpio) merupakan salah satu jenis ikan hias yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan ikan koi memiliki bentuk tubuh dan warna yang sangat menarik, selain itu ikan koi juga sangat mudah untuk dibudidayakan. Seiring dengan pengembangan usaha budidaya yang semakin luas, maka kebutuhan benih semakin bertambah. Cara pembenihan yang baik dan benar dapat dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan hasil produksi benih sehingga kebutuhan benih dapat terpenuhi. Permasalahan yang sering dihadapi dalam pembenihan ikan koi adalah tingginya angka telur yang terserang oleh patogen, seperti jamur yang dapat menyebabkan telur ikan koi tidak bisa menetas. Telur yang terserang oleh jamur akan berubah warna menjadi berwarna putih dan jamur tersebut sangat cepat menyebar ketelur lainnya. Pencegahan terhadap serangan patogen pada telur dapat dilakukan dengan menambahkan larutan daun ketapang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan nilai HR (hatching rate) pada telur ikan koi. Bahan uji yang digunakan adalah telur ikan koi dengan total telur yang digunakan sebanyak 2.400 butir. Penelitian ini menggunakan metode eksprimental dengan rancanagan acak lengkap dengan 3 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan dalam penelitian ini: perlakuan 1 ppt, 2 ppt dan 3 ppt data yang diamati meliputi hatching rate, survival rate, kecepatan daya tetas telur dan fase kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan larutan daun ketapang pada perendaman telur ikan koi memberikan pengaruh yang berbeda nyata jika dibandingkan dengan tanpa perlakuan penambahan larutan ketapang, didapatkan nilai tertinggi HR terdapat pada 2 ppt sebesar 88%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: ikan koi, larutan daun ketapang, Hatching rate, fase kritis
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 01 Mar 2022 23:41
Last Modified: 01 Mar 2022 23:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28028

Actions (login required)

View Item View Item