IDINTIFIKASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAUD DI KECEMATAN TARANO TAHUN AJARAN 2021-2022

MEGA, PATMAWATI (2021) IDINTIFIKASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAUD DI KECEMATAN TARANO TAHUN AJARAN 2021-2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Mega Patmawati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Guru memegang peran utama dalam pembangunan pendidikan. Guru sangat berpengaruh terhadap terciptanya proses dan hasil pendidikan yang berkualitas. Dalam mengajar seorang guru harus memiliki kompetensi salah satunya kompetensi pedagogik, dengan memiliki kompetensi pedagogik guru dapat memahami peserta dengan baik dan mampu menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif sehingga hasil belajar siswa berada pada tingkat optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengidintifikasi kompetensi pedagogik guru PAUD di Kecamatan Tarano. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survey dengan populasi 40 guru dari 18 PAUD. Pengambilan sampel digunakan adalah Sampel Random Sampling dan diperoleh hasil 20 guru dari 8 PAUD. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru yaitu perkembangan peserta didik, menerapkan teori dan prinsip pembelajaran, memahami kurikulum dan rancangan pembelajaran, penerapan pembelajaran, melaksanakan evaluasi pembelajaran, menyatakan bahwa guru PAUD di Kecamatan Tarano termasuk dalam kategori kadang-kadang dalam artian belum maksimal dikerjakan dengan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Kompetensi, Pedagogik,, Guru PAUD
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 01 Mar 2022 23:42
Last Modified: 01 Mar 2022 23:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28034

Actions (login required)

View Item View Item