PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DIPADU PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS 06 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

NYOMAN SANTI WIDYASTUTI, NI (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DIPADU PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS 06 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FIXX ASTUNGKAREEE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran two stay two stray dipadu picture and picture terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus 06 Cakranegara Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian Nonequivalent control group design tipe quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Gugus 06 Cakranegara tahun ajaran 2020/2021, sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN 35 Cakranegara sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV SDN 14 Cakranegara sebagai kelas kontrol. Analisis data diawali dengan uji normalitas menggunakan rumus Kolmogorov Smirnov dengan taraf signifikan 5% (0.05) dan dilanjutkan dengan uji homogenitas. Selanjutnya menguji hipotesis penelitian dan uji lanjutan dengan uji effect size. Kemudian data hasil belajar dianalisis dengan uji-t untuk mengetahui hipotesis penelitian. Hasil analisis data didapatkan nilai sig. 2 tailed sebesar 0,007 yang nilainya kurang dari 0,05, maka berdasarkan hipotesis penelitian, jika nilai sig. 2 tailed <0.05 t-tabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran two stay two stray dipadu picture and picture terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus 06 Cakranegara tahun ajaran 2020/2021. Selanjutnya untuk melihat seberapa besar pengaruh model pembelajaran two stay two stray dipadu picture and picture terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Gugus 06 cakranegara maka dilakukan uji lanjutan menggunakan uji efect size sehingga diperoleh nilai sebesar 0,22 yakni termasuk kategori besar. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu model pembelajaran two stay two stray dipadu picture and picture memiliki perubahan terhadap hasil belajar kognitif siswa terlihat dari proses pembelajaran dikelas serta model pembelajaran two stay two stray dipadu picture and picture memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa berdasarkan uji hipotesis diperoleh sig. 2 tailedsebesar 0,007 < 0,05. Besar pengaruh model pembelajaran two stay two stray dipadu picture and picture terhadap hasil belajar IPS sebesar 0,22 termasuk dalam kategori besar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Model Pembelajaran Two Stay Two Stray, Picture And Picture, Hasil Belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 01 Mar 2022 23:42
Last Modified: 01 Mar 2022 23:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28039

Actions (login required)

View Item View Item