EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI CACING NYALE DI SMA NEGERI 1 PRAYA DAN SMA NEGERI 1 PUJUT KABUPATEN LOMBOK TENGAH

RIFAN, ELY (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI CACING NYALE DI SMA NEGERI 1 PRAYA DAN SMA NEGERI 1 PUJUT KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Rifan Ely_E1A016086.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas modul pembelajaran biologi cacing nyale dan perbedaan pemahaman biologi cacing nyale antara siswa kelas XI SMA Negeri 1 Praya dengan SMA Negeri 1 Pujut Kabupaten Lombok Tengah. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Quasy Experiment dengan pendekatan Deskriptif Kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Praya dan siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Pujut Kabupaten Lombok Tengah. Pengambilan sampel penelitian ini dilakukan dengan teknik sampling purposive. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan effect size dan t– test two tailed. Hasil menunjukan bahwa terjadi peningkatan untuk kedua lokasi penelitian. Analisis efektivitas modul siswa kelas XI SMA Negeri 1 Praya sebesar 0,79 (Sedang) dan SMA Negeri 1 Pujut sebesar 1,39 (Tinggi). Analisis t–test two tailed yang didapat untuk mengetahui tingkat perbedaan pemahaman modul antara kedua lokasi penelitian didapat P-value > 0,05 dan T hitung < T tabel sehingga Ho diterima. Kesimpulan bahwa modul pembelajaran biologi cacing nyale efektif digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran biologi cacing nyale dan tidak terdapat perbedaan pemahaman materi biologi cacing nyale antara siswa kelas XI SMA Negeri 1 Praya dan SMA Negeri 1 Pujut.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Efektivitas, Modul pembelajaran, Biologi cacing nyale
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 04 Mar 2022 05:44
Last Modified: 04 Mar 2022 05:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28076

Actions (login required)

View Item View Item