STRATEGI PROMOSI PARIWISATA PANTAI BALAD OLEH DINAS PARIWISATA PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN SUMBAWA BARAT

DEWI, AULIA (2022) STRATEGI PROMOSI PARIWISATA PANTAI BALAD OLEH DINAS PARIWISATA PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN SUMBAWA BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Dewi Aulia_L1B017026.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Strategi promosi merupakan kegiatan untuk mendorong promosi bertujuan untuk memperkenalkan produk kepada publik agar tertarik untuk menggunakan atau membeli. Strategi promosi digunakan oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumbawa Barat (Disparpora) dalam mempromosikan pariwisata pantai Balad. Strategi promosi digunakan untuk mengenalkan pantai Balad kepada khalayak luas khususnya masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi promosi yang digunakan oleh Disparpora Kabupaten Sumbawa Barat dalam upaya memperkenalkan wisata pantai Balad. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data dalam penelitian ini dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian pada uji validitas data dilakukan dengan triangulasi metode dan sumber. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa (1) strategi promosi Disparpora Sumbawa Barat dalam mempromosikan pantai Balad dengan melakukan berbagai bentuk promosi, diantaranya periklanan, publik relation, publikasi, dan promosi berbasis masyarakat. (2) Dalam pelaksanaan promosi terdapat faktor pendukung berupa objek wisata yang menarik, sarana dan prasarana yang memadai, serta masyarakat yang berada di sekitar objek wisata. sedangkan faktor penghambat, yaitu sosial media kurang aktif digunakan untuk promosi, tidak adanya humas, dan terbatasnya dana yang dimiliki. Berdasarkan hasil penelitian Disparpora Kabupaten Sumbawa Barat telah menjalankan peran dan fungsinya dengan baik. Disparpora Kabupaten Sumbawa Barat juga sudah melakukan promosi yang baik dan berdampak positif bagi masyarakat sekitar pantai Balad dan objek wisata pantai Balad, serta bagiperekonomian dan pariwisata Kabupaten Sumbawa Barat walau masih ada kekurangan dalam melakukan promosi sehingga saran dari penulis yakni: (1) Promosi melalui akun media sosial dinas pariwisata pemuda dan olahraga masih kurang dimanfaatkan dengan baik. Beberapa objek wisata baru tidak dipublish di akun media sosial dinas pariwisata.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Strategi Promosi, Faktor Pendukung, Faktor Penghambat
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Mar 2022 01:08
Last Modified: 07 Mar 2022 01:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28092

Actions (login required)

View Item View Item