PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP MASYARAKAT DALAM KEGIATAN INVESTASI ILEGAL MATA UANG DIGITAL MENURUT HUKUM POSITIF DI INDONESIA

IQBAL, MUH. (2022) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP MASYARAKAT DALAM KEGIATAN INVESTASI ILEGAL MATA UANG DIGITAL MENURUT HUKUM POSITIF DI INDONESIA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Ikbal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji kedudukan mata uang digital menurut hukum positif di Indonesia dan untuk mengetahui perlindungan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terhadap kegiatan investasi ilegal mata uang digital di Indonesia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian normatif. Kedudukan Mata Uang Digital menurut Hukum Positif di Indonesia yaitu kedudukan mata uang digital di Indonesia adalah hanya sebagai komoditi perdagangan yang berada di bawah kontrol Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi atau Bappebti hal ini sesuai dangan Pasal 1 Angka 7 Peraturan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi Nomor 5 Tahun 2019 tentang Ketentuan Teknis Penyelenggaraan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa. Sehingga mata uang digital ini tidak dapat menggangtikan mata uang Negara Kesatuan Republik Indonesia yaitu Rupiah. Perlindungan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terhadap Kegiatan Investasi Ilegal Mata Uang Digital di Indonesia adalah dengan 2 (dua) cara yaitu preventif dan represif. Langkah preventif yaitu dengan menerbitkan peraturan dan melakukan sosialisasi. Sedangkan langkah represif yaitu dengan memberikan sanksi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Investasi. Mata Uang Digital
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Mar 2022 01:08
Last Modified: 07 Mar 2022 01:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28094

Actions (login required)

View Item View Item