ANALISIS USAHATANI DAN PEMASARAN SEMANGKA DI DESA SEGALA ANYAR KECAMATAN PUJUT

Winda, Septiana (2022) ANALISIS USAHATANI DAN PEMASARAN SEMANGKA DI DESA SEGALA ANYAR KECAMATAN PUJUT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi akhir winda.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui pola usahatani tanaman semangka di Desa Segala Anyar Kecamatan Pujut. (2) Untuk menganalisis pendapatan yang diperoleh petani dari usahatani semangka di Desa Segala Anyar Kecamatan Pujut. (3) Untuk mengetahui kelayakan finansial usahatani semangka di Desa Segala Anyar Kecamatan Pujut. (4) Untuk mengetahui saluran pemasaran semangka di Desa Segala Anyar Kecamatan Pujut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dilaksanakan di Desa Segala Anyar Kecamatan Pujut , ditentukan dengan metode Purposive Sampling. Unit analisis yang digunakan adalah usahatani semangka di Desa Segala Anyar Kecamatan Pujut. Penentuan jumlah responden dilakukan dengan metode quota sampling. Jenis data yang digunakan, yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Sumber data yang digunakan, yaitu data primer dan data sekunder. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis biaya dan pendapatan usahatani dan Return Cost Ratio (R/C ratio). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Petani di Desa Segala Anyar Kecamatan Pujut dalam melakukan usahatani semangka menerapkan pola usahatani khusus. (2) Rata-rata pendapatan yang diperoleh petani pada usahatani semangka di Desa Segala Anyar Kecamatan Pujut yaitu sebesar Rp 9.124.521 per LLG (0,45 ha) atau sebesar Rp 20.443.288 per Ha. (3) Usahatani semangka di Desa Segala Anyar Kecamatan Pujut secara finansial layak diusahakan/dikembangkan dengan nilai R/C sebesar 3,03. (4). Pemasaran semangka oleh petani di Desa Segala Anyar Kecamatan Pujut dilakukan melalui 3 (tiga) saluran pemasaran, yaitu; saluran pemasaran 1: Petani – Tengkulak - Pedagang Besar – Pedagang Pengecer – Konsumen; saluran pemasaran 2: Petani – Tengkulak - Pedagang Pengecer – Konsumen, dan saluran pemasara 3: Petani – Pedagang Besar – Pedagang Pengecer – Kosumen.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Pola, Usahatani, Pendapatan, Analisis R/C ratio, Pemasaran
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Mar 2022 01:08
Last Modified: 07 Mar 2022 01:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28095

Actions (login required)

View Item View Item