PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PENGURANGAN RISIKO BENCANA ALAM ANTAR DESA SATU KAWASAN (Studi Kasus Desa Akar Akar, Desa Andalan, Dan Desa Gunjan Asri Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara)

USMARIADI, USMARIADI (2022) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PENGURANGAN RISIKO BENCANA ALAM ANTAR DESA SATU KAWASAN (Studi Kasus Desa Akar Akar, Desa Andalan, Dan Desa Gunjan Asri Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI USMARIADI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengurangan Risiko Bencana Antar Desa Satu Kawasan (Studi Kasus Desa Akar-Akar, Desa Andalan Dan Desa Gunjan Asri Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara). Di tiga desa ini merupakan kawasan yang rentan terhadap ancaman bencana alam seperti kekeringan, gempa bumi dan longsor. Kondisi kerentanan menjadi faktor pendorong dibentuknya Tim Siaga Bencana Desa di kawasan ini. Peneltian ini menggunakan Teori Talcot Parson dengan skema AGIL (Adaptation, Goal Attainment, Integration, dan Latency). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan penelitian yaitu komunitas Tim Siaga Bencana Desa Desa Kawasan, Perangkat Desa, tokoh masyarakat, dan masyarakat. Tehnik pengumulan data menggunakan tehnik wawancara menggunakan tehnik awancara terstruktur, observasi lapngan dan hasil dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Tehnik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber, tehnik dan waktu. Hasil penelitian penelitian menunjukan pemberdayaaan masyarakat yang dilakukan oleh BPBD Lombok Utara yang di fasilitasi oleh KONSEPSI NTB yaitu pembentukan TSBD, Pelatihan tentang kebencanaan, sosialisasi kebencanaan dan Simulasi Bencana. Dari beberapa cara pemberdayaan yang dilakukan oleh BPBD Lombok Utara yang di fasilitasi oleh KONSEPSI NTB sejauh ini sangat evektif karena bisa membantu masyarakat banyak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pemberdayaan Masyarakat, Bencana, PRB.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Mar 2022 03:15
Last Modified: 07 Mar 2022 03:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28101

Actions (login required)

View Item View Item