ANALISIS TINDAK TUTUR DALAM CATATAN NAJWA SHIHAB EPISODE: KEPADA TUAN DAN PUAN ANGGOTA DPR YANG TERHORMAT

KIKI, MARLIANA (2022) ANALISIS TINDAK TUTUR DALAM CATATAN NAJWA SHIHAB EPISODE: KEPADA TUAN DAN PUAN ANGGOTA DPR YANG TERHORMAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KIKI MARLIANA (E1C117036).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Bahasa merupakan salah satu alat komunikasi yang penting bagi manusia, peristiwa tutur dan tindak tutur merupakan bagian dari bahasa. Rumusan masalah yang ingin disampaikan adalah menganalisi tindak tutur dalam catatan Najwa Shihab episode:kepada tuan dan puan DPR yang terhormat. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan setiap tuturan yang mengandung tindak lokusi, ilokusi, dan perlokusi dalam catatan Najwa shihab. Metode penelitian mengunakan metode deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan hasil analisis data berupa kata atau kalimat dalam tuturan Najwa Shihab. Teknik pengumpulan data mengggunakan metode simak dan metode dokumentasi. Hasil penelitian ini sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan tindak tutur lokusi dalam bentuk kalimat lengkap dan kalimat tidak lengkap, kalimat lengkap berupa kalimat tunggal dan kalimat majemuk dalam kalimat majemuk ditemukan kalimat majemuk setara dan kalimat mejemuk bertingkat serta terdapat lokusi berita, dan lokusi tanya. Kedua, mendeskripsikan tindak tutur ilokusi tindak tutur ilokusi diklasifikasi berdasarkan teori tindak tutur menurut Searle. Searle membagi tuturan tersebut ke dalam 5 bagian yaitu: tindak tutur reperesentatif, direktif, ekspresif, deklaratif dan komisif namun dalam penelitian ini hanya ditemukan tiga bagian tindak tutur ilokusi yaitu: pertama, tindak tutur representatif yang berfungsi untuk menyatakan, mengeluh, dan menasihati. Kedua, Tindak tutur direktif yang berfungsi untuk menasehati dan merekomendasi. Ketiga, tindak tutur ekspresif berfungsi untuk memuji, berbelasungkawa dan menyalahkan. Selanjutnya, tindak tutur perlokusi ditemukan bentuk tindak tutur perlokusi membuat lawan tutur tahu, membuat lawan tutur berpikir tentang dan tindak tutur perlokusi menarik perhatian.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: lokusi, ilokusi, perlokusi, catatan Najwa kepada tuan dan puan anggota DPR yang terhormat.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Mar 2022 06:47
Last Modified: 08 Mar 2022 06:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28131

Actions (login required)

View Item View Item