PENGARUH PENGGUNAAN TANAMAN APU-APU (Pistia stratiotes) TERHADAP KUALITAS AIR, KELANGSUNGAN HIDUP DAN PERTUMBUHAN IKAN MAS KOKI (Carassius auratus)

Fedi, Hariyanto (2022) PENGARUH PENGGUNAAN TANAMAN APU-APU (Pistia stratiotes) TERHADAP KUALITAS AIR, KELANGSUNGAN HIDUP DAN PERTUMBUHAN IKAN MAS KOKI (Carassius auratus). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Fedi Hariyanto_C1K017029.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Ikan hias salah satunya ikan mas koki (Carassius auratus) merupakan salah satu komoditas perairan yang banyak digemari oleh masyarakat. Ikan hias memiliki daya tarik tersendiri yang dapat menarik perhatian konsumen. Kualitas air yang buruk dapat mengakibatkan ikan menjadi stress sehingga menggangu kesehatan ikan bahkan dapat mengakibatkan kematian pada ikan. Menurunnya kualitas air juga dapat mengakibatkan air menjadi keruh dan membuat daya tarik ikan tidak terlihat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pemberian tanaman apu-apu (Pistia stratiotes) terhadap kualitas air pemeliharaan, kelangsungan hidup dan pertumbuhan ikan mas koki serta menyimpulkan kepadatan penggunaan tanaman apu-apu. Penelitian ini dilaksanakan selama 45 hari mulai dari bulan Juli-Agustus 2021 di Laboratorium Basah , Program Studi Budidaya Perairan, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang meliputi 4 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan yang diberikan terdiri atas AKontrol (tanpa pemberian tanaman apu-apu), B (Penambahan tanaman apu-apu sebanyak 35 g/ 20 L), C (Penambahan tanaman apu-apu sebanyak 45 g/ 20 L) dan D (Penambahan tanaman apu-apu sebanyak 55 g/ 20 L). Kandungan amonia tertinggi terdapat pada perlakuan A sebesar 0,56 mg/L dan terendah pada perlakuan D sebesar 0,26 mg/L. Pertumbuhan panjang mutlak tertinggi terdapat pada perlakuan D sebesar 2,91 cm dan terendah pada perlakuan A sebesar 2,13 cm. Pertumbuhan bobot mutlak tertinggi terdapat pada perlakuan D sebesar 2,80 gram dan terendah pada perlakuan A sebesar 1,15 gram. Tingkat kelangsungan hidup tertinggi terdapat pada perlakuan D sebesar 93,3% dan terendah pada perlakuan A sebesar 63,3%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Ikan mas koki, Fitoremediator, Tanaman apu-apu
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Mar 2022 03:48
Last Modified: 09 Mar 2022 03:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28151

Actions (login required)

View Item View Item