STUDI REKAYASA NILAI (VALUE ENGINEERING STUDY) PADA PROYEK PEMBANGUNAN RUBBEN VILLAS DUSUN MERENDENG, DESA KUTA, KECAMATAN PUJUT, KABUPATEN LOMBOK TENGAH, PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT

SUDIRMAN, SUDIRMAN (2022) STUDI REKAYASA NILAI (VALUE ENGINEERING STUDY) PADA PROYEK PEMBANGUNAN RUBBEN VILLAS DUSUN MERENDENG, DESA KUTA, KECAMATAN PUJUT, KABUPATEN LOMBOK TENGAH, PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SUDIRMAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26MB)

Abstract

Value engineering merupakan suatu metode pengambilan keputusan dalam menemukan pilihan terbaik dengan sistematis dan terstruktur untuk mencapai peningkatan nilai (value). Skripsi ini merupakan penerapan konsep value engineering dengan studi kasus bangunan komplek Villa berlantai 2 ‘’Rubben villas’’ Kuta, Lombok tengah. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan mengevaluasi perbedaan biaya awal serta penghematan biaya yang dapat diperoleh dari penerapan konsep Rekayasa Nilai (Value Engineering), serta mendapatkan pilihan alternatif material terbaik yang dapat digunakan untuk menggantikan rencana awal pekerjaan. Dengan menerapkan langkah demi langkah dalam value engineering yaitu dimulai dari tahap informasi yang memuat data-data proyek lengkap, mencari ide dan pendekatan kreatif, melakukan analisis ide, mengembangkan alternatif, dan di tindak lanjuti sebagai usulan. Dimunculkan beberapa alternatif desain yang bertujuan untuk mendapatkan efisiensi rencana anggaran biaya proyek. Kemudian dengan analisis paired comparison didapatkan desain terbaik yang memungkinkan dapat diaplikasikan disertai pertimbangan berbagai faktor di lapangan. Berbagai parameter didaftarkan dalam analisis paired comparison kemudian dimunculkan berbagai parameter yaitu biaya awal, waktu pelaksanaan dan jumlah tenaga kerja. Parameter tersebut merupakan parameter dengan tingkat kepentingan yang lebih besar dan menjadi dasar pertimbangan pemilihan desain alternatif. Dari hasil analisis value engineering dengan paired comparison alternatif terpilih yaitu pelat floordeck dengan ketebalan 10 cm. Analisa struktur menggunakan aplikasi Etabs membuktikan desain alternatif aman untuk digunakan. Desain alternatif terbukti dapat meningkatkan nilai (value) dengan biaya proyek diefisien menjadi Rp. 8,395,922,000 dari biaya awal Rp. 8.653.818.933 ,sehingga desain alternatif dapat menghemat dana sebesar Rp. 257,896,745 dengan bobot 3,1% dari total nilai proyek.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: value engineering, paired comparison, efisiensi biaya proyek,
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Mar 2022 03:49
Last Modified: 09 Mar 2022 03:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28161

Actions (login required)

View Item View Item