KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK PENDERITA DISLEKSIA USIA 5 TAHUN DI TK HANI LABZ SCHOOL DESA MONTONG KECAMATAN BATULAYAR: KAJIAN PSIKOLINGUISTIK

FATMAWATI, FATMAWATI (2017) KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK PENDERITA DISLEKSIA USIA 5 TAHUN DI TK HANI LABZ SCHOOL DESA MONTONG KECAMATAN BATULAYAR: KAJIAN PSIKOLINGUISTIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI revisi alhamdulillah.pdf

Download (377kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berbahasa dari aspek fonologi dan aspek morfologi anak penderita disleksia usia 5 tahun di TK Hani Labz School Desa Montong Kecamatan Batulayar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak dan wawancara. Sedangkan teknik pengumpulan data digunakan teknik sadap dan teknik simak bebas libat cakap dalam pengamatan. Pada analisis data digunakan metode padan intralingual dan ekstralingual. Tahapan analisis data dengan penyeleksian, pengklasifikasian, reduksi data, pembahasan dan penyimpulan data. Dalam hal penyajian analisis data menggunakan metode informal. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa kemampuan berbahasa dalam aspek fonologi dan morfologi subjek penelitian mengalami keterlambatan seperti anak usia 3-4 tahun. Keterlambatan yang ditunjukkan meliputi (1) Dalam aspek fonologi terlihat pada beberapa bunyi konsonan yang belum dapat dilafalkan dengan baik seperti bunyi getar /r/, frikatif /f/, bunyi /g/, dan bunyi /z/. (2) Dalam aspek morfologi menunjukkan afiksasi sudah mampu dilafalkan dengan baik. Penggunaan klitika subjek penelitian terkesan berlebihan dan sering kali ditempatkan pada kata yang tidak seharusnya. Reduplikasi salin suara sudah mulai muncul tetapi masih belum tegar. (3) Masalah yang dialami oleh subjek penelitian penyandang disleksia ini berkaitan dengan masalah artikulasi fungsional. Dengan kata lain, anak yang mengalami masalah artikulasi fungsional memiliki pendengaran dan intelektual yang baik, tidak ada tanda mengenai abnormal atau masalah di otak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berbahasa dari aspek fonologi dan aspek morfologi anak penderita disleksia usia 5 tahun di TK Hani Labz School Desa Montong Kecamatan Batulayar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak dan wawancara. Sedangkan teknik pengumpulan data digunakan teknik sadap dan teknik simak bebas libat cakap dalam pengamatan. Pada analisis data digunakan metode padan intralingual dan ekstralingual. Tahapan analisis data dengan penyeleksian, pengklasifikasian, reduksi data, pembahasan dan penyimpulan data. Dalam hal penyajian analisis data menggunakan metode informal. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa kemampuan berbahasa dalam aspek fonologi dan morfologi subjek penelitian mengalami keterlambatan seperti anak usia 3-4 tahun. Keterlambatan yang ditunjukkan meliputi (1) Dalam aspek fonologi terlihat pada beberapa bunyi konsonan yang belum dapat dilafalkan dengan baik seperti bunyi getar /r/, frikatif /f/, bunyi /g/, dan bunyi /z/. (2) Dalam aspek morfologi menunjukkan afiksasi sudah mampu dilafalkan dengan baik. Penggunaan klitika subjek penelitian terkesan berlebihan dan sering kali ditempatkan pada kata yang tidak seharusnya. Reduplikasi salin suara sudah mulai muncul tetapi masih belum tegar. (3) Masalah yang dialami oleh subjek penelitian penyandang disleksia ini berkaitan dengan masalah artikulasi fungsional. Dengan kata lain, anak yang mengalami masalah artikulasi fungsional memiliki pendengaran dan intelektual yang baik, tidak ada tanda mengenai abnormal atau masalah di otak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): fonologi, morfologi, artikulasi fungsional, dan disleksia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Apr 2018 04:14
Last Modified: 21 Apr 2018 04:14
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/2817

Actions (login required)

View Item View Item