PENGARUH VARIASI PANJANG KAIT TERHADAP KUAT LEKAT (BOND STRENGTH) TULANGAN BAJA ULIR PADA BETON NORMAL, BETON RINGAN DAN BETON MUTU TINGGI

DIFA, ARAFAT (2022) PENGARUH VARIASI PANJANG KAIT TERHADAP KUAT LEKAT (BOND STRENGTH) TULANGAN BAJA ULIR PADA BETON NORMAL, BETON RINGAN DAN BETON MUTU TINGGI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
F1A016036- NASKAH SKRIPSI DIFA ARAFAT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Salah satu dasar anggapan yang digunakan dalam perancangan dan analisis struktur beton bertulang ialah bahwa ikatan antara baja dan beton yang mengelilinginya berlangsung sempurna tanpa terjadi penggelinciran atau pergeseran. Tegangan lekat antara tulangan baja dan beton akan berlangsung dengan baik apabila batang tulangan tertanam kokoh didalam beton pada kait tertentu. Penelitian ini secara bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi panjang kait terhadap kuat lekat pada beton normal, beton ringan dan beton mutu tinggi. Dalam penelitian ini dilakukan pengujian kuat tekan, kuat geser dan kuat lekat pada beton mutu tinggi, beton normal dan beton ringan. Benda uji yang berbentuk silinder berukuran 150 x 300 mm untuk kuat tekan, benda uji berbentuk double L berukuran 300 x 200 x 75 mm untuk kuat geser dan benda uji berbentuk silinder berukuran 200 x 300 mm untuk kuat lekat. Penelitian ini menggunakan 3 benda uji untuk masing-masing variasi pengujian kuat tekan dan kuat geser , dan 45 benda uji untuk uji lekat dengan masing-masing 15 benda uji. Tulangan baja ulir ditanam pada benda uji silinder dengan variasi panjang tekukan 0, 20, 40, 60 dan 80 mm pada beton normal, beton ringan dan beton mutu tinggi. Tulangan baja ulir yang digunakan berdiameter 10 mm dengan tegangan leleh baja (fy) sebesar 478 MPa. Pengujian kuat lekat menggunakan metode pull-out test. Data yang dikumpulkan dari pengujian kuat lekat ini berupa beban maksimum pada saat tulangan tercabut, deformasi perpanjangan tercabutnya tulangan baja dari beton dan tipe keruntuhannya. Pada beton mutu tinggi didapatkan nilai kuat lekat maksimal pada kait 20 mm dan jika kait di perpanjang kuat lekatnya menurun. Sedangkan pada beton normal dan beton ringan nilai kuat lekat akan semakin besar seiring bertambahnya panjang kait.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Tulangan Baja, Panjang Kait, Kuat Lekat, Beton Mutu Tinggi, Beton Normal dan Beton Ringan.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Mar 2022 05:29
Last Modified: 10 Mar 2022 05:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28171

Actions (login required)

View Item View Item