ANALISIS PRODUKTIVITAS DAN BIAYA ALAT BERAT PADA PEKERJAAN LAPIS PERMUKAAN (SURFACE) PROYEK PERPANJANGAN DAN PERKERASAN LANDASAN PACU (RUNWAY) BANDARA INTERNASIONAL LOMBOK

KHAIRUL, FIKRI (2022) ANALISIS PRODUKTIVITAS DAN BIAYA ALAT BERAT PADA PEKERJAAN LAPIS PERMUKAAN (SURFACE) PROYEK PERPANJANGAN DAN PERKERASAN LANDASAN PACU (RUNWAY) BANDARA INTERNASIONAL LOMBOK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
115024 Tugas Akhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Bandara merupakan salah satu bagian terpenting dari infrastruktur di Indonesia, utamanya untuk transportasi udara. Bandara merupakan yang di khususkan untuk terbang dan mendaratnya pesawat. Bandara Internasional Lombok merupakan salah satu bandara Internasional di Indonesia. Mengingat pulau Lombok merupakan Pulau yang memiliki daya tarik wisata yang besar di tambah sekarang diadakannya gelaran MotoGP di Kuta Mandalika Lombok. PT Angkasa Pura I sebagai pengelola Bandara Internasional Lombok melakukan perpanjangan dan perkerasan runway, yang mencakup pekerjaan overlay exiting runway dengan panjang 2.750 m dan lebar 45 mdan perpanjangan runway dengan panjang 550 m dan lebar 45 m, sehingga nantinya akan bisa didarati oleh pesawat berbadan lebar sekelas B777 dan pesawat Cargo MotoGP. Untuk mendukung pelaksanaan pekerjaan overlay exiting runway dan perpanjangan runway tentunya membutuhkan banyak alat berat, besarnya pengaruh alat berat pada progress kemajuan suatu kegiatan pekerjaan, manajemen alat berat sangat diperlukan untuk dapat menunjang kelancaran dari pekerjaan tersebut. Analisis yang dilakukan yaitu perhitungan produktivitas masing-masing alat berat yang digunakan dengan menentukan waktu siklus alat, produksi perjam,kebutuhan alat yang digunakan, besarnya biaya operasional perjam kerja serta jumlah biaya yang didapatkan dari penggunaan alat berat pada pekerjaan lapis permukaan jalan (surface). Dari semua item pekerjaan produktivitas alat berat yang paling tidak produktif penggunaannya adalah Pneumatic Tire Roller karena jumlah kebutuhan alat dari hasil analisis penelitian ini jauh lebih banyak dari perencanaan dimana untuk pekerjaan asphalt treated base (ATB) dan laston lapis aus (AC-WC Aspal PG-76) sejumlah 12 unit dan untuk pekerjaan laston lapis antara AC-BC (Aspal Pen60/70) sejumlah 13 unit sedangkan jumlah alat dari perencanaan sejumlah 6 unit. Kemudian produktivitas alat berat lainnya sudah mendekati hasil analisis dengan perencanaan kebutuhan alat berat.Total biaya penggunaan alat berat pada pekerjaan lapis permukaan (surface) adalah sejumlah Rp. 128.456.832.524. Selisih biaya antara hasil perhitungan dengan nilai kontrak Rp. 5.434.762.765.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Alat Berat, Produktivitas, Biaya.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Mar 2022 05:29
Last Modified: 10 Mar 2022 05:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28178

Actions (login required)

View Item View Item