PENGARUH VARIASI SERBUK KAPUR SEBAGAI BAHAN PENGGANTI SEMEN DENGAN 5% SERBUK BATA MERAH SEBAGAI BAHAN PENGGANTI PASIR TERHADAP KARAKTERISTIK PAVING BLOCK

RAHMI, VIDYA UTAMI (2022) PENGARUH VARIASI SERBUK KAPUR SEBAGAI BAHAN PENGGANTI SEMEN DENGAN 5% SERBUK BATA MERAH SEBAGAI BAHAN PENGGANTI PASIR TERHADAP KARAKTERISTIK PAVING BLOCK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tugas Akhir CD Rahmi Vidya Utami(F1A017133).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Paving block merupakan salah satu jenis perkerasan jalan yang terbuat dari campuran semen Portland, agregat halus dan air. Semen sebagai bahan utama paving block memiliki kelemahan yaitu senyawa sisa hidrasi semen dapat mengurangi kekuatan paving block. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kuat tekan, kuat tarik belah, kekuatan impact dan daya serap air paving block terhadap penggantian serbuk kapur dan 5% serbuk bata merah dan untuk mengetahui proporsi campuran yang dipakai serbuk kapur yang sesuai untuk menghasilkan kekuatan paving block yang optimum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen di laboratorium dengan melakukan variasi penggantian serbuk kapur terhadap semen sebesar 0%, 5%, 10%, 15%, 20% dan 25% terhadap berat semen dan penggantian 5% serbuk bata merah terhadap berat pasir. Dengan perbandingan campuran antara semen dan pasir yang digunakan sebesar 1 : 4 untuk paving block dengan faktor air semen 0,42. Dalam penelitian ini digunakan benda uji berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 200 mm × lebar 100 mm × tebal 80 mm. Pengujian dilakukan setelah benda uji berumur 28 hari. Hasil penelitian menunjukkan nilai kuat tekan optimum terjadi pada proporsi penggantian 13% serbuk kapur yaitu 16,40 MPa. Nilai kuat tarik belah optimum terjadi pada proporsi penggantian 12% serbuk kapur yaitu 1,51 MPa. Nilai ketahanan impact optimum kondisi retak terjadi pada proporsi penggantian 14% serbuk kapur yaitu 233,3 Joule dan nilai daya serap air optimum terjadi pada proporsi penambahan 12% serbuk kapur sebesar 4,77%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : daya serap air,ketahanan impact, kuat tarik belah, kuat tekan, paving block, semen, serbuk bata merah, dan serbuk kapur.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Mar 2022 05:29
Last Modified: 10 Mar 2022 05:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28180

Actions (login required)

View Item View Item