PENGARUH PENERAPAN METODE BERCERITA TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK PGRI 1 TERUWAI KECAMATAN PUJUT

INDAH, PERMANA (2022) PENGARUH PENERAPAN METODE BERCERITA TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK PGRI 1 TERUWAI KECAMATAN PUJUT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh penerapan metode bercerita terhadap perkembangan bahasa anak usia dini kelompok B di TK PGRI 1 Teruwai kecamatan Pujut. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas B di TK PGRI 1 Teruwai dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang yang hadir pada saat test dilakukan dari 44 jumlah siswa kelas eksperimen yang sebenarnya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi dan dalam bentuk tindakan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa terdapat pengaruh penerapan metode bercerita terhadap Kemampuan Berbahasa Anak 5-6 tahun kelas B Di TK PGRI 1 Teruwai Kecamatan Pujut dimana dari hasil perhitungan menggunakan bantuan SPSS dengan cara membandingkan antara nilai t yang dihasilkan dari perhitungan t hitung pada kelas eksperimen yaitu 0,599 > nilai t tabel yaitu 0,427 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti ada pengaruh penerapan metode bercerita terhadap Kemampuan Berbahasa Anak 5-6 tahun kelas B Di Di TK PGRI 1 Teruwai Kecamatan Pujut. Dari hasil tersebut terlihat bahwa meningkat atau menurunnya kemampuan berbahasa anak salah satunya dipengaruhi oleh metode bercerita Di TK PGRI 1 Teruwai Kecamatan Pujut. Dengan nilai signifikan 0,003 < nilai ɑ yaitu 0,05.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): KATA KUNCI : metode bercerita, perkembangan bahasa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 11 Mar 2022 01:24
Last Modified: 11 Mar 2022 01:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28190

Actions (login required)

View Item View Item